Sedan Pioner Pencegahan Narkoba Berbasis Masyarakat

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Kapolres Sleman, AKBP Risky Ferdiansyah SH SIK mengapresiasi kepedulian masyarakat Dusun Sedan Sariharjo Ngaglik Sleman yang sadar untuk ikut bersama-sama dalam mencegah peredaran narkoba di masyarakat. Kepedulian dilakukan dengan deklarasi menolak peredaran narkoba.

Aksi tersebut baru pertama kali dilakukan masyarakat di wilayah Kabupaten Sleman. Sehingga Sedan menjadi pionir pencegahan dan pemberantasan narkoba berbasis masyarakat.

"Kami aparat kepolisian sangat mengapresiasi kepada seluruh masyarakat Sedan dengan kesadaran dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba," ujar Risky Ferdiansyah disela-sela Deklarasi Gerakan Peduli Lingkungan Dusun Sedan Bebas Narkoba di Gedung Serbaguna Sedan, Kamis (03/01/2019) malam.

Meski begitu kepada masyarakat ketika menemukan adanya penyalahgunaan narkoba diharapkan tak bertindak sendiri, tetapi harus berkoordinasi dan melapor ke pihak berwajib untuk menanganinya. Karena bagaimanapun dalam bentuk penindakan perbuatan kejahatan atau aksi kriminalisasi merupakan tugas aparat kepolisian.

Sementara masyarakat sebagai mitra polisi untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat. "Karena tanpa bantuan masyarakat kami akan kesulitan untuk menjalankan tugas," imbuh Kapolres menegaskan.

Sementara salah satu warga Sedan, Subhan menyatakan, dengan deklarasi tersebut secara tegas masyarakat menolak keras peredaran narkoba. Selain menolak keras narkoba masyarakat Sedan juga sepakat untuk menolak adanya kos-kosan bebas.

Hal itu sebagai wujud kepedulian dan kesadaran masyarakat untuk memberantas narkoba dan penyakit masyarakat lainnya. "Untuk itu kami berharap kepada warga masyarakat maupun pendatang untuk mentaati aturan yang telah disepakati bersama," tegas Subhan. (Usa)

BERITA REKOMENDASI