Sedulur Masjid Sidoarum Gelar Vaksinasi Covid-19

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRjogja.com – Yayasan Masjid Al-Aman Sidoarum, Godean, Sleman, Yogyakarta menggelar kegiatan Vaksinasi Massal untuk masyarakat di Sidoarum dan sekitarnya, Minggu (12/09/2021). Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama takmir-takmir Masjid di Sidoarum yang tergabung dalam Sedulur Masjid Sidoarum, Korem 072 Pamungkas Yogyakarta dan dibantu RS PKU Muhammadiyah Gamping dan Klinik Pratama Aisyiah Moyudan yang menurunkan tenaga vaksinator.

“Yang mendaftar sebanyak 803 orang, yang hadir ke lokasi sebanyak 657 orang, dan yang tervaksin sebanyak 638 orang. Sementara 19 orang tidak bisa mendapatkan vaksin dikarenakan kondisi kesehatan yang tidak memenuhi syarat, antara lain dikarenakan tekanan darah yang tinggi. Alhamdulillah tidak ada peserta yang mengalami KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) dalam pemantauan selama 15 menit per peserta dalam area observasi,” kata koordinator kegiatan dr. Nurul Chusna, MPH sekalgus berharap vaksinasi dosis 1 ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang belum mendapatkan perlindungan terhadap virus covid-19.

Antusiasme masyarakat sangat tinggi mengikuti kegiatan vaksinasi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Masyarakat datang ke lokasi sesuai jadwal yang ditentukan. Sementara untuk peserta on the spot juga terlayani pada jam menjelang selesai dengan memperhatikan stock vaksin yang ada.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa vaksinasi adalah bagian dari upaya utk mencegah penyebaran Covid-19, dan tentunya diharapkan dengan kegiatan ini masjid sebagai tempat ibadah juga berkontribusi utk melakukan edukasi dan upaya penyadaran kepada masyarakat utk melaksanakan vaksin.

Miftahulhaq, M.S.I sebagai Ketua Yayasan Masjid Al-Aman menyampaikan melalui kegiatan vaksianasi berbasis masjid ini diharapkan bisa meningkatkan kegiatan jama’ah dalam rangka menguatkan peran masjid dalam pembangunan masyarakat sekaligus sebagai kontribusi positif bagi pembangunan di Indonesia khususnya pada percepatan penanganan Pandemi Covid-19. (*)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI