SEJUMLAH FASKES KEHABISAN KUOTA Layanan GeNose Diserbu Peserta UTBK

YOGYA (KR) – Keluarnya aturan harus melampirkan surat bebas Covid-19, membuat layanan GeNose yang berbiaya murah diserbu para calon peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Selasa (13/4). Tak sedikit dari mereka gigit jari, sehingga mengalihkan ke layanan tes Swab Antigen yang lebih mahal. Jika biaya tes GeNose hanya berkisar antara Rp 30.000-50.000, maka tes Swab Antigen berkisar antara Rp 200.000-250.000,-.

“Demi bisa meraih impian, bisa ikut tes UTBK, saya ambil Swab Antigen saja. Kalau mencari GeNose, antri panjang. Dan belum tentu mendapat kesempatan, karena kuota terbatas,” ujar salah satu peserta UTBK, M Wicak.

Dari pantauan KR, sejumlah fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan GeNose, menempelkan pengumuman bahwa kuota sudah habis, seperti di PMI DIY dan GMC UGM. Sehingga calon peserta harus datang lebih awal untuk mendapatkan kesempatan test bebas Covid-19.
Sedangkan di RS UAD, melalui kontak telpon di pusat layanan menyampaikan bahkan untuk bulan ini sudah tidak melayani. Baru bisa melayani untuk bulan depan, Mei. Demikian dengan RSA UGM, juga menyatakan terbatas kuotanya.

BERITA REKOMENDASI