Sejumlah Titik di Sleman Rawan Kemacetan, Waspadalah!

SLEMAN, KRJOGJA.com – Menjelang Natal, peningkatan arus lalu lintas terjadi di sejumlah titik di Sleman, sehingga menimbulkan kemacetan, Senin (23/12/2019). Dari pantauan petugas Satlantas Polres Sleman, peningkatan arus justru terjadi pada kendaraan yang keluar wilayah Yogya, baik melalui utara (Tempel) maupun timur (Prambanan). 

Baca Juga: Libur Nataru, Kenaikkan Kepadatan Lalulintas Diantisipasi

Bahkan dua jam lamanya, petugas Satlantas Polres Sleman melakukan pengaturan secara manual dengan mengindahkan rambu lalu lintas. "Di depan pintu keluar Bandara Adisutjipto Yogyakarta, tadi sekitar pukul 10.00 hingga 12.00, lalu lintas krodit. Penarikan secara manual menuju arah Solo, dilakukan oleh petugas hampir dua jam lamanya," ungkap Kanit Dikyasa Satlantas Polres Sleman Polda DIY, Iptu Gembong Widodo, Selasa (24/12/2019).

Tak hanya di pintu masuk bandara, kemacetan juga terjadi di Jalan Solo menuju wilayah perbatasan Prambanan-Klaten dan Jalan Magelang menuju Salam Jawa Tengah. Kendaraan yang keluar wilayah Yogya, didominasi oleh kendaraan plat non AB. "Mungkin mereka perjalanan dari Jakarta istirahat di Yogya satu malam kemudian melanjutkan mudik," tandasnya.

Sedangkan puncak mudik libur tahun baru, diperkirakan terjadi pada 30-31 Desember. Sedangkan puncak balik tahun baru diprediksi terjadi pada 1 Januari 2020 sejak sore hari.

Baca Juga: Kemenhub Siap Layani 3,4 Juta Penumpang Saat Libur Nataru

Sebelumnya Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman Marjanto SSiT MT mengatakan, untuk puncak kedatangan pemudik pada liburan Nataru ini diperkirakan Minggu (22/12/2019). Sedangkan untuk puncak arus balik pada Minggu (27/12/2019) mendatang. "Sejumlah ruas jalan sudah mulai padat sejak Sabtu kemarin. Kemungkinan meraka balik Minggu besok, kecuali yang berasal sekitar Yogya seperti Semarang, Solo, Purwokerto dan lainnya bisa sampai 1 Januari 2020," katanya.

Untuk mengurangi antrean kendaraan di traffic light di Jalan Magelang ditambah durasi lampu hijaunya yang arah masuk Sleman. Untuk di simpang  empat Tempel ditambah 10 detik, Beran 5 menit, Denggung 15 menit dan Selokan Mataram Jalan Magelang 10 menit.(Ayu/Sni)

BERITA REKOMENDASI