Sekda Tutup Festival Budaya dan Kuliner Sleman 2016

SLEMAN (KRjogja.com) – Festival Budaya dan Kuliner Sleman 2016 telah berlangsung semarak selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 27-29 Mei 2016 dengan berbagai sajian atraksi dan sajian kuliner tradisional khas Sleman.

Dalam festival tersebut diambil para penampil terbaik untuk masing-masing kategori, yaitu Penampil Terbaik Langen Carito dari SD Kanisius Sengkan Kecamatan Depok, Penampil Terbaik Dolanan Anak SD Sinduadi Mlati, Penampil Terbaik Seni Kerakyatan Kethek Ogleng dari Gadingan Ngaglik, dan Penampil Favorit Langentaya dari Surowangsan Turi.
Penampil Terbaik kelompok Jathilan adalah Turonggo Pancawisesa dari Sidokarto Godean, dan Penampil Terbaik Kesenian Religius Kuntulan Bekti Rosul dari Sendangagung Minggir. Sedangkan untuk festival kuliner “Kangen Sleman” dengan kategori lauk Terbaik 1 RM Bonda Merapi, Terbaik 2 Kurabu Angkringan Kichen, Terbaik 3 Sego Wiwit dari Desa Wisata Tanjung Donoharjo Ngaglik.Untuk kategori jajanan pasar Terbaik 1 Jadah Tempe Kaliurang, Terbaik 2 Susu Kambing Etawwa, Terbaik 3 Sagon.

Sekda Iswoyo Hadiwarno mengatakan bahwa ajang Festival Budaya dan Kuliner Sleman 2016 merupakan sarana yang efektif untuk upaya pelestarian dan pengembangan seni budaya. Melalui event tersebut dapat menjadikan wahana apresiasi bagi para pelaku seni budaya, serta masyarakat pada umumnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dipentaskan pertunjukan tari KRT Pringgodiningrat dan tari eksibisi dari Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Riau, Provinsi Bali serta Grup Band “Rubah di Selatan” dari ISI Yogyakarta dan Sendratari Ramayana dari Sanggar “Sekar Jagad” Mutihan Sambirejo Prambanan. (*)

BERITA REKOMENDASI