Selundupkan Pil Dalam Sayur Oseng ke Lapas, Residivis Ditangkap

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Tiga orang pria nekat menyelundupkan diduga obat-obatan terlarang ke Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Sleman atau Lapas Cebongan. Untuk mengelabui petugas, para pelaku menyembunyikan barang bukti (BB) berupa 10 butir pil di dalam plastik yang berisi oseng tempe.

Ketiga pelaku berinisal MS (27) warga Depok Sleman, BA (30) dan AY (27) keduanya warga Seyegan Sleman.

Aksi ketiganya terendus petugas Lapas yang curiga saat mereka akan membesuk narapidana bernama Imam Waluyo.

"Saat petugas melakukan penggeledahan, ketiganya ketahuan membawa obat-obatan melalui makanan yang dibawanya," kata Kepala Lapas Cebongan, Gunarto kepada wartawan, Kamis (24/10/19).

Kasi Administrasi Keamanan dan Ketertiban Lapas Cebongan, Aris Yuliyanta menjelaskan peristiwa itu terjadi pukul 12.10 WIB. Saat petugas memeriksa barang bawaan pembesuk, ditemukan 10 butir pil dalam kantong plastik berwarna hitam.

"Obat dibungkus plastik klip. Untuk mengelabui petugas, plastik klip itu dimasukkan dalam bungkus oseng tempe. Dari pengakuan ketiganya, barang tersebut titipan dari orang yang ada di luar lapas," jelas Aris.

Usai dilakukan penangkapan, petugas juga melakukan tes urine kepada ketiganya. Hasilnya menunjukan pelaku MS positif benzodiazepine atau obat psikoaktif, sedangkan BA dan AY positif alkohol.

"Ternyata ada yang residivis Lapas Cebongan. MS, dia baru keluar dari sini sekitar seminggu yang lalu," ungkapnya.

Pihak Lapas kemudian berkoordinasi dengan kepolisian untuk proses hukum lebih lanjut. Termasuk memeriksa apakah obat-obatan itu mengandung narkotika. Namun, lanjut Aris, pil tersebut bertuliskan huruf Y. (Ive)

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI