Seminar Riset Sosial GP Ansor Sleman, Cetak Calon Pemimpin yang Komprehensif

Editor: Ary B Prass

SLEMAN, KRJOGJA.com – Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Sleman menggelar Seminar Riset Sosial di Gadung Convention Hall, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Minggu (2/1/2022). Seminar diikuti 51 Anggota/Kader GP Ansor (tingkat menengah) dari Kabupaten Sleman dan beberapa dari daerah lain yang sedang menjalani Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) Angkatan 1.

Ketua GP Ansor Sleman, Ariyanto Nugroho mengatakan, PKL merupakan rangkaian proses kaderisasi di internal GP Ansor. Prosesnya diawali dengan kegiatan/sesi kelas di Pondok Pesantren Darussalam, Somokaton Seyegan Sleman, 10-11 Desember 2021. Dalam sesi ini, para kader mendapatkan penajaman materi mengenai Ke-NU-an, Ke-Aswaja-an, penanganan konflik, gelar pasukan sederhana, hingga mengaji kitab kuning.

Setelah menyelesaikan sesi kelas, para kader tersebut melanjutkan sesi lapangan selama satu bulan. Mereka kembali ke daerahnya masing-masing untuk menjalankan riset sosial. Yaitu mencari problem yang ada di masyarakat, menggalinya hingga merumuskan penyelesaian masalah tersebut, berdasarkan materi yang telah didapat di sesi kelas sebelumnya. Setelah itu, hasil dari sesi lapangan (riset sosial) itu diseminarkan.

“Melalui PKL ini, GP Ansor ingin mencetak pemimpin-pemimpin yang komprehensif yang betul-betul menyatu dengan masyarakat dan mampu memberikan solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi masyarakat,” terang Ariyanto kepada wartawan di sela acara.

BERITA REKOMENDASI