Seri 4 Liga 1 Digelar di Bali, Suporter Bisa Masuk Stadion?

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – PT Liga Indonesia Baru (LIB) memberi sinyal penyelenggaraan seri 4 atau putaran 2 Liga 1 akan diselenggarakan di Bali mulai 6 Januari 2022. Penyelenggaraan seri 4 nantinya akan mulai diujicobakan pertandingan dengan penonton.

Ahmad Hadian Lukita, Direktur PT LIB, mengatakan pihaknya akan melakukan beberapa pembenahan untuk memperbaiki kualitas liga. Salah satunya penggunaan teknologi penunjang kinerja wasit juga aplikasi yang nantinya digunakan untuk penonton.

“Kita sedang buat namanya LIB Super Apps, kita bentuk tim untuk menyempurnakan itu. Targetnya kalau bisa Januari sudah bisa diterapkan. Untuk teknologi pembantu wasit, kami akan gunakan level ringan VAR di mana alat kita beli di sini, software lebih murah misalnya untuk analisa gol kontroversial, atau kartu merah,” ungkap Lukita, Minggu (28/11/2021) malam.

Sementara, Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, menambahkan pihaknya sudah memastikan putaran pertama selesai pada 14 Desember dengan menyisakan dua pertandingan yakni Persikabo vs Arema dan Persebaya vs Bali United yang akan dilanjutkan 5 Januari 2022. Penyelenggaraan putaran kedua hampir pasti dilaksanakan di Bali yang dimulai 6 Januari mendatang.

“Kami sudah menyurati klub Liga 1, kita schedulkan lagi sampai hanya week 17 berakhir 14 Desember, week 18 dan 19 kita mulai 6 Januari 2022. Kami juga selaras mendukung pemerintah yang akan menerapkan PPKM level 3 pada libur Natal dan Tahun Baru. Lokasi seri 4 akan kami sampaikan nanti, termasuk jadwal fix untuk klub. Seri 4 itu kemungkinan besar, hampir pasti di Bali karena memang kesiapan mereka sudah luar biasa, dengan 4 stadion yang kualitasnya bagus,” sambung dia.

Terkait ujicoba pertandingan dengan penonton, Sudjarno mengatakan akan dilaksanakan setelah libur putaran pertama, atau pada Seri 4 Bali. PT LIB sedang mematangkan skema agar bisa menjadi sistem terintegrasi yang digunakan jangka panjang ke depan.

“Sifatnya hanya invitasi dulu misalnya 500-1000 orang dari komunitas. Sudah kami rencanakan demikian. Kami masih matangkan infrastrukturnya, juga aplikasi LIB Super Apps,” ungkapnya lagi. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI