Seribuan Anak Hadiri Puncak Hari Anak Nasional di Jogja Bay

SLEMAN, KRJOGJA.com – Seribuan anak-anak di wilayah DIY menghadiri perayaan Puncak Hari Anak Nasional yang diselenggerakan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) Provinsi DIY bekerja sama dengan Jogja Bay Waterpark di The Harbour Theatre Jogja Bay pada Kamis, 8 Agustus 2019.

Acara ini di hadiri oleh KGPAA Paku Alam X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Condrokirono, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah DIY, Para Bupati dan Wali Kota seluruh DIY, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) Provinsi DIY.

Puncak Hari Anak Nasional kali ini mengusung tema Hamemayu Sesanti Ajining Pertiwi yang berarti membangun identitas dan karakter anak untuk berbangsa dan bertanah air.

Baca Juga : 

Penuhi Nazar, Suporter PSIM Ini Pakai Baju Peranakan di Mandala Krida

Kegiatan ini sekaligus memberikan penghargaan kepada forum anak sebagai bentuk kepedulian terhadap perlindungan anak di wilayah DIY, mengukuhkan pengurus forum anak, penyerahan penghargaan kabupaten layak anak, launching TESAGA (Telepon Sahabat Anak) DIY, dan tanda tangan nota kesepakatan dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

 “Forum anak merupakan salah satu upaya pemenuhan hak partisipasi anak sebagai jembatan antara pemerintah dengan anak, agar upaya pembangunan yang telah dilakukan benar-benar dapat mengakomodir kebutuhan dan kepentingan terbaik bagi anak, menuju Indonesia layak anak atau IDOLA pada tahun 2030 mendatang,” ucap KGPAA Paku Alam X dalam sambutan mewakili Sri Sultan HB X.

Menurut Sri Sultan HB X, forum anak diharapkan dapat berperan aktif sebagai pelopor dan pelapor. Sebagai pelopor diharap dapat memulai aksi positif dan menjadi agen perubahan guna mengatasi berbagai permasalahan anak yang terjadi di wilayahnya. Sebagai pelapor forum anak diharapkan dapat melaporkan segala hal yang berkaitan dengan pemenuhan hak anak melalui berbagai macam saluran yang telah disediaka oleh negara.

 “Harapan kami bener-bener anak daerah istimewa yogyakarta memiliki jati diri sebagai generasi istimewa yang berguna bagi bangsa juga negara,” pungkas Afgan Mabdanur sebagai Ketua Forum Anak DIY. (Nur Andini Dwi L / Magang KR)

BERITA REKOMENDASI