Seru, Pilkaret Layak Pemilu dan Penghitungan Suara Bisa Dipantau Lewat Medsos

SLEMAN, KRJOGJA.com – Masaboandemi Covid-19 tidak selamanya membawa dampak negatif bagi masyarakat. Sebaliknya memunvulkan krativitas seperti yang dilakukan oleh warga RW 01 Padukuhan Kledokan, Caturtunggal, Kapenawon Depok Sleman yang melakukan pemilihan Ketua RT dengan memanfaatkan teknologi digital sehingga penentuan hasil bisa disaksikan maayarakat melalui media sosial seperti Facebook, YouTube dan Instagram.

“Masyarakat bisa menyaksikan hasil pemungutan suara secara live di media sosial dari rumah. Pemungutan suara pengurus RT seperti Bendahara, Sekretaris dan Ketua RT sudsh dilakukan sebelumnya dari rumah ke rumah. Total DPT ada 212 orang dan Kami tidak membatasi siapa pun bisa mencalonkan diri menjadi pengurus atau mendapatkan hak suara asalkan sudah memiliki KTP dan bermukim di lngkungan sekitar,” kata Panitia Pemilihan dan Sekretaris RT O1 Tus Suyanto di sela proses penghitungan suara, Sabtu (13/3).

Dia menjelaskan panitia tidak mengizinkan warga menghadiri langsung penghitungan suara di Kafe Layar Tancap. Panitia menyiapkan media sosial sehingga masyraat tetap bisa menyaksikan dari rumah masing-masing. Namun, bagi panitia dan tamu undangan yang hadir langaung tetap dibatasi dan harus mengikuti protokol kesehatan meliputi pemeriksaan suhu tubuh, cuci tangan, mengenakan masker dan menjaga jarak selama mengikuti proses pemungutan suara.

BERITA REKOMENDASI