Serunya Belajar Menyikat Gigi Bareng Bu Dokter

SLEMAN (KRjogja.com) – Suasana cukup ceria terlihat di halaman tengah Rumah Sakit Gigi Mulut (RSGM) UGM Kamis (29/9/2016). Anak-anak tampak bersemangat belajar menggosok gigi dengan panduan dokter gigi yang ada di rumah sakit tersebut.

drg Sri Kuswandari ketua departemen ilmu kesehatan gigi anak FKG UGM mengatakan selama ini ada beberapa hal keliru yang dianggap biasa terkait cara merawat gigi dan gusi sejak dini. Padahal, menurut Sri hal tersebut bisa membawa kebiasaan buruk di kemudian hari untuk anak-anak tersebut.

"Kalau gosok giginya keliru maka gigi yang tumbuh bisa tidak teratur dan bisa mengikis gusi yang tentu saja akan berdampak tidak baik kedepannya. Nah, kali ini selain orang tua kita juga berikan pengalaman pada anak-anak bagaimana menyikat gigi yang baik," terangnya.

Menggosok gigi menurut Sri paling baik dilakukan dua kali sehari yakni pagi setelah makan dan malam menjelang tidur. "Cukup dua kali sehari dan dilakukan secara rutin setiap hari," imbuhnya.

Sementara drg Cahya Yustisia Hasan Direktur RSGM UGM mengatakan jumlah pasien anak di rumah sakit yang dipimpinnya ini cukup banyak dengan permasalahan rata-rata gigi berlubang. Pihaknya berharap banyak orang tua yang memanfaatkan momen sosialisasi Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKSN) di RSGM UGM 29 September-1 Oktober 2016.

"Selain pemeriksaan gratis, kami juga siap mengedukasi dan memberikan kiat menjaga kesehatan gigi dan mulut pada warga masyarakat Yogyakarta. Datang saja ke RSGM UGM hingga 1 Oktober 2016," ungkapnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI