Server Pusat Mati, Gladi Bersih UNBK SMA Tertunda

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pelaksanaan gladi bersih Ujian Nasional Berbasi Komputer (UNBK) tingkat SMA/sederajat terkenda server pusat, Senin (13/3). Hingga jam sesi pertama selesai, server tetap tidak nyala. Akibatnya siswa kelas XII yang sudah masuk ke ruang komputer tidak bisa mengerjakan soal.

Seperti yang terpantau di SMAN 1 Depok Sleman. Sejumlah siswa tampak duduk-duduk di loby sekolah dan depan ruang komputer. Mereka ngobrol dengan sesama teman sambil membaca koran atau makan jajanan. Kondisi ini membuat mereka kecewa. Apalagi persiapan juga telah dilakukan.

"Kagol (kecewa, red) saja. Kita sudah mempersiapkan untuk gladi ini. Tapi begitu di depan komputer, tidak bisa login. Karena ada kendala di server. Bahkan sampai jam pelaksanaannya selesai juga tetap tidak nyala," ujar Eridani siswa XII IPS 1 yang semestinya masuk di sesi pertama.

Kepala SMAN 1 Depok Subagyo mengatakan, untuk ujian di tempatnya terbagi dalam dua ruang. Saat hendak memulai gladi, ada pemberitahuan muncul pembaharuan siswa. Ruang bawah meng-klik pembaharuan tersebut. Imbasnya justru sama sekali tidak dapat digunakan. Sedangkan di ruang satunya didiamkan saja. Soal bisa muncul, tapi tidak terkoneksi dengan pusat. (Awh)

BERITA REKOMENDASI