Sesuaikan Kekuatan Lokal, Kemenparekraf Kembangkan 16 MiCE

SLEMAN, KRJOGJA.com – Industri meeting, incentive, convention and exhibition (MICE) di tanah air benar-benar terpuruk dan menderita terdampak pandemi Covid-19. Untuk itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif(Kemenparekraf/Baparekraf) telah menyiapkan berbagai strategi untuk membangkitkan kembali industri MICE yang disesuaikan dengan potensi atau kekuatan kelokalannya.

Direktur Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi & Pameran (MICE) Kemenparekraf/Baparekraf Iyung Masruroh menyampaikan Jakarta dan Bali secara rangking internasional merupakan destinasi MICE utama di Indonesia. Namun destinasi MICE di Indonesia yang dikembangkan bukan hanya Jakarta dan Bali, justru ada 16 destinasi MICE yang dikembangkan dan dibedakan dari skala meetingnya

” Destinasi MICE tanah air ini dibedakan dari skala meetingnya dengan pertimbangan infrastruktur, venue dan kesiapan sarana dan prasana (sarpras) lainnya. Jadi ada yang bisa untuk pertemuan lokal ya untuk lokal dan apabila untuk pertemuan bersakal internasional akan di lihat dari scope dan peserta maksimal, sehingga yang masuk rangking internasional terutama baru Bali untuk convention dan Jakarta untuk exhibition,” tutur Masruroh usai membuka Sosialisasi Panduan Cleanliness, Healthy, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) Penyelenggaraan Kegiatan MICE di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Kamis (24/9).

Masruroh mengungkapkan pihaknya tengah mengembangkan dan menysun strategi wisata MICE di DIY yang disesuaikan dengan kekuatan kelokalannya yaitu budaya atau culture dan pendidikan atau education. Sehingga DIY berpotensi untuk wisata MICE nasional dan internasional yang terkait budaya atau pendidikan. “Satu per satu kita cari kekuatan dari destinasi tersebut. Kita tahu industri pariwisata sangat menderita selama pandemi Covid-19 ini karena industri kita itu yang core-nya adalah perjalanan dan kumpulnya, jika tidak ada perjalanan dan pertemuan ya sudah pasti terpuruk sekali,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI