Siang Tadi Merapi Kembali Gugurkan Awan Panas

SLEMAN,KRJOGJA.com – Gunung Merapi yang ada di Kaliurang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, kembali menggugurkan awan panas siang tadi.  Hal itu diketahui melalui akun twitter resminya Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) yang telah merilis informasi tersebut.

"Awan panas guguran Gunung Merapi terjadi pada tanggal 20 Agustus 2019 pukul 13.58 WIB," tulis keterangan dalam akun @BPPTKG saat dilihat krjogja.com. Selasa (20/08/2019).

Guguran awan panas tercatat di seismogram dengan amplitudo max. 60 mm. Durasi guguran kurang lebih 101 detik. Namun jarak luncur guguran tidak teramati karena kondisi puncak Merapi tertutup kabut. 

"Jarak luncur tidak teramati karena tertutup kabut," jelas akun BPPTKG.

Aktivitas Gunung Merapi diketahui masih berstatus waspada. Status ini telah bertahan setahun sejak ditetapkan oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) pada 21 Mei 2018 silam.

BPPTKG merekomendasikan area dalam radius 3 km dari puncak Gunung Merapi agar tidak ada aktivitas manusia. Masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa di luar radius 3 km dari puncak, dan masyarakat agar mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di sekitar puncak Merapi. (Ive).

BERITA REKOMENDASI