Sidak Proyek Underpass Kentungan, Ini Catatan Komisi C DPRD DIY

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Komisi C DPRD DIY melakukan sidak di proyek underpass Kentungan Kamis (25/7/2019) siang. Wakil rakyat DIY yang membidangi pembangunan tersebut ingin menyaksikan langsung lokasi longsor dua hari lalu dengan dua kendaraan menjadi korban, terguling sekaligus melakukan fungsi pengawasan terhadap proyek tersebut.

Hasilnya, beberapa catatan didapatkan dari proyek yang ditangani langsung oleh pemerintah pusat tersebut. Adanya kelalalaian pekerja serta kurang representatifnya rambu penunjuk arah dan larangan yang dibuat menjadi hal yang dievaluasi Komisi C DPRD DIY dalam kunjungan mendadak tersebut. 

Anggota Komisi C, Anton Prabu Semendawai mengatakan pihaknya melihat ada sedikit kelalaian pekerja pelaksana proyek hingga membiarkan truk bermuatan berat bisa masuk ke kawasan jalur yang sebenarnya terlarang. “Berdasarkan yang disampaikan tadi, ada sedikit lah (kelalaian) karena yang jaga hanya dua orang. Harus ada koordinasi antar instansi termasuk kepolisian dan perhubungan,” ungkap Prabu ditemui wartawam usai sidak. 

Tak hanya itu, dewan juga melihat kurangnya rambu yang terpasang secara proporsional hingga membuat masyarakat pengguna jalan tak memperhatikan arahan tersebut. Sebelumnya, otoritas pekerjaan menyampaikan telah memasang rambu di beberapa lokasi sebelum memasuki kota dan lokasi pekerjaan. 

“Rambu-rambu sementara juga menurut kami sangat kurang, terlihat seperti bukan resmi. Itu mungkin yang membuat orang jadi malas menaati, dikira hanya main-main bukan resmi. Ini juga harus jadi perhatian, dan akan terus kami pantau,” sambung politisi Gerindra tersebut. 

Sementara Sekretaris Komisi C Jimly Rusdi Sinaga menambahkan pihaknya bakal terus melakukan pemantauan perkembangan proyek underpass Kentungan tersebut. “Kami akan melihat progresnya dari waktu ke waktu agar proyek ini tidak mundur bisa selesai sesuai target waktu di tahun ini agar kemacetan di Jalan Kaliurang bisa terurai,” tandas Jimly. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI