Sinergi, Kunci Kesiapsiagaan Masyarakat Hadapi Ancaman Erupsi Merapi

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sampai saat ini kasus Covid-19 masih belum menunjukkan tren menurun khususnya di DIY. Hal tersebut diketahui oleh seluruh elemen termasuk masyarakat yang tinggal di Kawasan Rawan Bencana (KRB) Merapi.

Satu sisi masyarakat belajar untuk tetap waspada terhadap ancaman bencana alam, di sisi lain masyarakat juga harus mengantisipasi ancaman pandemi Covid-19 yang belum kunjung hilang. Dalam kasus ini terdapat multi hazard (multi ancaman) yang harus diantisipasi sejak dini.

“Sangat diperlukan sinergi dalam penanggulangan bencana melalui pentahelix melibatkan kerja sama lima elemen, yakni pemerintah, dunia usaha, komunitas, media, dan akademisi. Masing-masing elemen memberikan sumbangsihnya dalam pemecahan masalah di masyarakat secara kolaboratif,” kata Dholina Inang Pambudi MPd, dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) juga selaku Ketua Tim Program Pengabdian Masyarakat (PPM) UAD saat memaparkan materinya, Jumat (11/06/2021).

PPM yang didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarqkat (LPPM) UAD ini dibuka oleh Amin Sarjito SH selaku Lurah Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman. Amin Sarjito sangat mendukung terhadap program yang diusung oleh tim dosen UAD yang beranggotakan Oktomi Wijaya SKM MSc (Fakultas Kesehatan Masyarakt – UAD), Asih Mardati MPd (FKIP-UAD).

Amin Sarjito sangat terbuka dan mendukung akademisi atau elemen apapun yang ingin memberikan sumbangsih pemikiran sebagai wujud kepedulian terhadap keselamatan warganya di KRB III dan II. PPM ini dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh perwakilan Perangkat Desa, Dukuh, Karang Taruna, MDMC, Unitlaks Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman.

Dholina Inang Pambudi berharap, PPM ini dapat bermanfaat guna membangun kesiapsiagaan sekaligus meningkatkan kapasitas masyarakat di kawasan rawan bencana Merapi. Melalui dukungan dan sinergi kolaboratif dari berbagai elemen tidak akan mustahil desa tangguh bencana akan terwujud nyata. (Jay)

BERITA REKOMENDASI