Sirkuit Donokerto Jadi Tuan Rumah Piala Raja, Hidupkan Sport Tourism dari Desa

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Beagle Jogja Rally Team, salah satu team rally asal Yogyakarta menginisiasi kejuaraan Sprint Rally Piala Raja, yang dimulai Sabtu (14/05/2022). Sirkuit Donokerto, Turi yang merupakan satu-satunya di Sleman menjadi tuan rumah perhelatan balapan yang diikuti 67 tim dari berbagai wilayah Indonesia ini.

Kejuaraan sprint rally ini mengambil tema Nge-Gas Bareng Beagle Jogja dan menariknya disiarkan langsung melalui Youtube Piala Raja Sprint Rally Yogyakarta. Kejuaraan ini sekaligus kali pertama di DIY setelah pandemi menerpa dua tahun terakhir.

Yuda Mahesa Sidharta, Ketua Penyelenggara mengatakan, Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 mengusung semangat kebersamaan dan pemberdayaan masyarakat lokal dengan konsep sport tourism. Desa terlibat langsung dengan koordinasi Pemerintah Kabupaten Sleman, Kapanewon Turi, Kalurahan Donokerto dan Kalurahan Wonokerto.

“Dalam event dua hari ini, komunitas-komunitas otomotif khususnya dunia sprint rally di Yogyakarta juga ambil bagian nyengkuyung bareng. Seluruh pelaksanaan juga melibatkan potensi masyarakat sekitar mulai dari UMKM, Homestay, Kuliner, Karang Taruna, Bengkel, Pengelolaan Parkir serta Team Marshal. Harapan kami dapat menciptakan multiplayer effect pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar,” ungkapnya di sela acara, Sabtu (14/05/2022)

Para pereli yang membawa serta keluarga disuguhi pilihan homestay dan kuliner menarik di seputar sirkuit Donokerto. Para pereli, mekanik dan bahkan keluarga pun memiliki pilihan menginap dekat dengan sirkuit agar memudahkan akses saat hendak balapan.

“Para pebalap ini tidak hanya tanding saja tapi juga rekreasi bersama keluarga. Ini yang kami harapkan bisa membangkitkan ekonomi masyarakat di sekitar dan DIY pada umumnya,” lanjutnya.

Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 seturut rencana akan digelar dalam tiga hingga empat putaran. Di putaran pertama tidak kurang 67 tim dari DIY, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Jakarta, Kalimantan Timur, Sumatera dan Sulawesi ikut ambil bagian menampilkan kuda besi terbaik untuk meraih podium juara.

“Ini di luar ekspektasi, kami target 60 tim peserta, ternyata lebih sampai 67 dan ini salah satu terbesar bahkan mengalahkan peserta pada ajang Kejurnas. Kami sangat berterimakasih dan harapannya bisa lebih baik lagi penyelenggaraannya untuk putaran berikutnya juga lebih berdampak positif pada masyarakat,” pungkas Yudha.

Di sisi lain terkait pembinaan olahraga rally, Yuda mengatakan dalam kejuaraan ini dipertandingkan khusus klas usia 23 tahun. Pasalnya, selama ini banyak bakat-bakat pereli muda yang membutuhkan banyak ruang untuk berkembang.

“Kami wadahi di event ini, harapannya mereka bisa berkembang dapat jam terbang. Mudah-mudahan muncul pereli tingkat nasional bahkan internasional dari DIY,” pungkasnya.

Podium Juara yang diperebutkan pada putaran pertama Piala Raja meliputi :

• Juara Umum Piala Raja Sprint Rally Jogia 2022 Driver & Navigator
• Juara Piala Raja Sprint Rally Jogia 2022 Driver & Naigator U-23
• Juara Piala Raja Sprint Rally Jogia 2022 Driver & Navigator Group M.A
• Juara Piala Raja Sprint Rally Jogia 2022 Driver & Navigator Group F.A
• Juara Piala Raja Sprint Rally Jogia 2022 Driver & Navigator Group R.A
• Juara Piala Raja Sprint Rally Jogia 2022 Driver & Navigator Group J.A
• Juara Piala Raja Sprint Rally Jogia 2022 Driver & Navigator Group PU
• Juara Team Piala Raja Sprint Rally Jogia 2022
• Juara 1 Seri Piala Raja Sprint Rally Jogia 2022, Piala Raja Driver & Piala Raja Navigator
• Juara 1 Seri Piala Raja Sprint Rally Jogia 2022, Piala Raja Driver & Piala Raja Navigator Non Seeded
(Fxh)

BERITA REKOMENDASI