Sisir TKP Ledakan Mercon di Minomartani, Tim Gegana Temukan Bahan Berbahaya

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – Olah TKP ledakan mercon menghancurkan rumah Munadi warga Plosokuning V, Minomartani Ngaglik Sleman,  melibatkan Gegana Polda DIY. Hasil penyisiran, polisi menemukan tiga bahan pemicu ledakan yang sangat membahayakan.

Wadanden Gegana Polda DIY AKP Suripto mengatakan, saat melakukan penyisiran, pihaknya menemukan tiga bahan dasar yang diduga menjadi pemicu ledakan. Ketiga bahan bahan dasar itu adalah sulfur, florad dan unsur bubuk arang.

“Ketiga unsur itu, jika diramu atau diracik dengan perbandingan yang sesuai, akan menghasilkan low eksplosif. Sangat, sangat berbahaya karena sifat low eksplosif itu sangat peka sekali,” ungkapnya.

Dikatakan, sifat bahan peledak, jika berbentuk padat dan cair atau berbentuk lembek, jika terkena suatu aksi misal panas, gesekan atau benturan, akan berubah secara kimiawi dalam bentuk zat lain.

“Perubahan itu sangat cepat disertai suara yang tinggi. Sangat, sangat berbahaya,” tandasnya.

Karena itu ia mengimbau, agar kejadian itu menjadi pelajaran bagi masyarakat untuk tidak meracik bahan peledak. Ia menambahkan, dari informasi yang didapatkan, ketiga bahan peledak itu dibeli secara online oleh seseorang dari toko yang berbeda. “Informasinya memang dibuat untuk Lebaran nanti,” pungkasnya. (Ayu)

BERITA REKOMENDASI