Siswa MTs Yapi Pakem Belajar Budaya Sungkem dan Janur

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN (KRJOGJA.com) – MTs Yapi Pekem Sleman mengadakan kegiatan 'Sungkem dan Janur (Sunur)' di sekolah setempat, Kamis (7/6/2018) diikuti seluruh siswa. Kegiatan ini merupakan program dari Kementerian Agama Kabupaten Sleman, agar diselenggarakan di sekolah-sekolah. Tujuannya agar siswa madrasah mencintai dan melestarikan budaya lokal.

Kepala MTs Yapi Pakem, Suharijanto Pribadi mengatakan, sungkem dimaksudkan mengajari anak-anak untuk bisa melakukan sungkeman kepada orangtua dan orang-orang yang dituakan. "Diharapkan nanti anak-anak bisa mempraktikkan di rumah, apalagi sebentar lagi lebaran ada budaya saling maaf memaafkan. Kalau kepada orangtua ya sungkem," terang Suharijanto kepada KRJOGJA.com, Sabtu (9/6/2018).

Sedangkan 'njanur' adalah membuat ketupat dari janur (daun kelapa). Diharapkan anak-anak bisa membuat ketupat sendiri yang sudah menjadi tradisi di setiap lebaran. "Harapan kami melalui kegiatan Sunur ini, warga madrasah bisa melestarikan budaya Jawa berupa sungkem dan njanur," katanya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI