Siswa SD Kenali Profesi Apoteker Lewat Cerdas Cermat

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Puluhan siswa dari berbagai Sekolah Dasar (SD) Kabupaten Sleman berkumpul di gedung SMK Kesehatan Binatama Yogya, Sabtu (2/11/2019) siang. Mereka ikut dalam lomba cerdas cermat yang digelar menyambut World Pharmacist Day atau Hari Apoteker Sedunia 2019.

Dibagi dalam masing-masing kelompok, para siswa tersebut diberikan pertanyaan dengan materi seputar dunia apoteker. Ternyata, mereka cukup fasih dan memiliki pemahaman yang baik menyelami dunia tersebut.

Pedoman anak dalam menyikapi dan menggunakan obat, pengetahuan kesehatan bagi siswa sekolah dasar, serta pengenalan profesi apoteker sebagai ahli obat yang akan menjamin obat yang aman dan efektif bagi semua dipertanyakan dalam lomba tersebut. Para juri yang berasal dari kalangan akademisi universitas dan juga IAI Sleman pun dibuat takjub dengan kemampuan anak anak itu.

"Lomba ini sebelumnya diawali dengan seleksi dari tingkat kelurahan hingga kecamatan. Lalu perwakilan kecamatan akan berkompetisi di tingkat kabupaten/kota hingga pada akhirnya setiap kabupaten/kota akan mengirimkan 1 wakilnya yang akan berlaga pada final di tingkat DIY pada pertengahan November nanti,” ungkap Ketua Panitia Lomba Cerdas Cermat Apoteker Cilik, Kurnia Yuliawati S.Si, Apt di sela kegiatan.

Jumlah peserta yang mengikuti Lomba Cerdas Cermat Apoteker Cilik (LCC Apocil) di kabupaten Sleman sendiri terdiri dari 11 Sekolah yang akan mengikuti tahap seleksi, diantaranya tahap 1 yaitu mengerjakan soal tertulis sehingga di peroleh 3 sekolah yang mendapatkan nilai tertinggi dan selanjutnya akan mengikuti seleksi tahap 2 yakni Lomba Cerdas Cermat Apoteker Cilik. Nantinya pemenang juara 1 akan mewakili Kabupaten Sleman untuk maju final di tingkat provinsi.

“Lomba ini bagian dari Program Apoteker Cilik yang merupakan program nasional dari Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) yang dimulai pada 12 Oktober 2019 serentak di seluruh Indonesia. Sebelum lomba, kami telah melaksanakan edukasi serentak dulu di 25 SD yang bekerjasama dengan 25 Puskesmas dan apoteker-apoteker di kabupaten Sleman yang mengusung tema ‘Kenali Obat Sejak Usia Dini’ sehingga anak yang ikut lomba ini punya bekal pengetahuan dulu,” ungkapnya lagi. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI