Sleman Diguyur Hujan, Longsor di Prambanan dan Pohon Tumbang di Pakem

SLEMAN, KRJOGJA.com – Hujan yang mengguyur semalaman di Sleman menyebabkan tanah longsor dan pohon tumbang di beberapa titik. Untungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan menerangkan, peristiwa tanah longsor akibat hujan terjadi di Punthuk RT 01 RW 05 Gayamharjo Prambanan, Kamis (5/3) sekitar pukul 05.30. Hujan yang turun sejak Rabu sore menyebabkan material di tebing dekat rumah Paiyem longsor. “Bebatuan dan tanahnya longsor mengenai tembok rumah. Untung saat kejadian tidak ada aktivitas yang dilakukan di dekat tebing,” jelasnya saat dikonfirmasi, Kamis (5/3).

BACA JUGA :

Hujan Deras dan Angin Kencang di Kulonprogo, Ini Daerah yang Terendam Banjir

Longsor Tutup Akses Jalan Antara Desa di Temanggung

Tanah longsor juga terjadi di Kalinongko Kidul RT 04/13 Gayamharjo Prambanan. Material longsor menimpa bagian dapur rumah milik Slamet warga setempat. Selain itu, sejumlah pohon tumbang menimpa rumah warga dan kabel listrik juga terjadi di beberapa titik.

Makwan mengungkapkan, peristiwa pohon tumbang menimpa rumah Seto di Sambi RT 04 RW 04 Pakembinangun Pakem. Selain itu rumah Ibrahim di Wonorejo RT 2 RW 27 nomor 31, Hargobinangun Pakem juga tertimpa pohon saat hujan Rabu kemarin. “Selain menimpa rumah, pohon tumbang juga menimpa kabel listrik di Tanen RT 01 RW 25, Hargobinangun, Pakem.

Untuk peristiwa pohon tumbang ini mengakibatkan kerusakan skala ringan saja,” tandas Makwan. Selain di Pakem, pohon tumbang juga terjadi di Tempel, Seyegan, Cangkringan dan Kalasan. Petugas gabungan telah melaksanakan pemotongan pohon tumbang, pembersihan material bangunan yang rusak bergotongroyong dengan warga setempat hingga memberikan bantuan darurat.

“Kondisi cuaca belakangan ini memang cukup ekstrem. Secara umum wilayah Kabupaten Sleman hujan sangat ringan. Namun pergerakan angin cukup kencang terjadi di lereng Merapi,” tandas Makwan. (Aha)

BERITA REKOMENDASI