Sleman HUT ke-105, Gaungkan Borong Bareng Bangkitkan UMKM

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRjogja.com – Tanggal 15 Mei 2021, Kabupaten Sleman memasuki usia 105 tahun. Kali ini, sektor kesehatan dan ekonomi menjadi pekerjaan rumah (PR) besar bagi Pemerintah Kabupaten (Oemkab) Sleman untuk menyelesaikan. Berbagai strategi dirancang dan dijalankan agar ekonomi pulih dan kesehatan masyarakat terjamin di tengah pandemi.

Bupati Sleman Kustini SP mengatakan, pandemi Covid-19 telah menyebabkan dampak serius pada sektor perekonomian di Kabupaten Sleman. Di antaranya seperti penjualan produk UMKM dan sektor manufaktur menurun serta tidak ada kunjungan wisatawan.

“Pendemi sudah melanda setahun lebih. Kita tak boleh tinggal diam. Pemkab Sleman telah melaksanakan berbagai upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi,” kata Bupati, Minggu (16/5).

Salah satu langkah yang dilakukan Pemkab Sleman yaitu menggaungkan borong bareng produk UMKM. Pemkab Sleman telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Bupati kepada seluruh ASN, pegawai BUMN, BUMD hingga tingkat Kalurahan untuk membeli produk UMKM Sleman. “Setiap kegiatan, kami minta untuk menggunakan produk UMKM Sleman. Bahkan saat membagikan bingkisan saat lebaran, kami minta untuk membeli dari UMKM. Dengan borong bareng itu, kami ingin ekonomi kembali bangkit dan UMKM kembali eksis kembali,” ujarnya.

Menurut Bupati, sebanyak 68.000 UMKM di Kabupaten Sleman telah mendapat bantuan sebesar Rp 1,2 juta dari pemerintah pusat. Rencananya, Pemkab Sleman juga memberikan penguatan modal bagi pelaku UMKM. “Selain kita membeli produknya, pemerintah juga hadir untuk memberikan penguatan modal. Tujuannya ketika punya modal, pelaku UMKM akan bisa kembali berproduksi. Harapannya ekonomi kembali pulih lagi,” papar Kustini.

Sedangkan untuk sektor kesehatan, Pemkab Sleman mengoptimalkan program vaksinasi. Sejauh ini tenaga kesehatan, tenaga pendidik telah melaksanakan vaksinasi. Bahkan pelayanan publik dan lansia juga banyak yang mendapatkan vaksinasi. “Vaksinasi ini sebagai upaya menjaga kesehatan di tengah pandemi covid-19. Dan kami akan optimalkan agar semua masyarakat mendapatkan vaksinasi ini,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI