Sleman Kirim Misi Kebudayaan Ke Probolinggo

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN (KRjogja.com) – Kabupaten Sleman akhir pekan ini akan mengirimkan misi kebudayaan dalam rangka Hari Jadi Kota Probolinggo ke-269, yang dikemas dalam event Semipro ke-8 Tahun 2016 (Seminggu di Probolinggo). Kontingen Kabupaten Sleman akan diwakili oleh Bregada Prajurut Tradisional “Srikandi” dari Dusun Duwet Sendangadi Mlati Sleman Yogyakarta.

 

Pengiriman misi kebudayaan ini selain untuk ikut menyemarakkan HUT Kota Probolinggo ke-269 juga dimaksudkan untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi seni budaya Kabupaten Sleman kepada masyarakat luas secara nasional maupun internasional. Demikian dikatakan Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Dra. Endah Sri Widiastuti, MPA dikantornya Jl. KRT Pringgodiningrat No.13 Beran Tridadi Sleman Yogyakarta.

Endah menambahkan bahwa kontingen Kabupaten Sleman terdiri atas bregada prajurit wanita yang berjumlah 40 orang, 12 penari dan 9 pengrawit. Diharapkan melalui pengiriman misi kebudayaan ke luar daerah tersebut akan meningkatkan kerjasama antar daerah dalam rangka untuk memajukan sektor pariwisata serta sekaligus untuk mendukung program-program keistimewaan DIY melalui optimalisasi pelestarian dan pemanfaatan potensi seni budaya yang memiliki nilai-nilai yang adiluhung. Selain itu juga sebagai ajang apresiasi bagi para pelaku dan pecinta seni budaya.

Dalam kesempatan tersebut Bregada Prajurit Tradisional “Srikandi” dari Dusun Duwet Sendangadi Mlati Sleman akan tampil dalam kirab budaya sepanjang 2 (dua) kilometer pada hari Minggu, 28 Agustus 2016 Jam 11.00 WIB di Kompleks Walikota Probolinggo Jawa Timur. Selain mengikuti kirab budaya, kontingen Kabupaten Sleman juga akan menampilkan display tarian di panggung kehormatan dengan tema “Derap Langkah Sembada”. Tarian ini menggambarkan semangat masyarakat Sleman dalam membangun bangsa. Sebagai penata tari Luvita, penata iringan Dani, dan penata busana Yuliana. (*)

 

BERITA REKOMENDASI