Sleman Segera Umumkan Caleg Terpilih di Pemilu 2019

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman Trapsi Haryadi mengatakan segera melakukan rapat Pleno terbuka untuk membicarakan prihal penetapan kursi dan perolehan caleg pemilu 2019 terpilih.

"Terakhir kita sudah agendakan pleno terbuka untuk tanggal 03 juli 2019," kata Trapsi saat dihubungi wartawan. Selasa (02/07/19).

Walaupun sebenarnya, lanjut Trapsi, sesuai tahapan seharusnya pleno dilakukan sejak 01 juli 2019. Hal itu dikarenakan pihaknya belum menerima Surat Keterangan (SK) dari Mahkamah Konstitusi (MK).

"Terkendala administratif sehingga kami masih menunggu SK dari Mk baik daerah yang tidak ada gugatan atau ada gugatan. KPU kabupaten Kota sendiri menindaklanjuti maksimal 3 hari sehingga kami terbatas waktu," ucapnya.

Setelah mendapatkan SK, selanjutnya KPU Kabupaten Sleman akan melakulan rapat pleno terbuka dengan mengundang peserta pemilu, bawaslu Sleman dan juga masyarakat.

"Pleno membicarakan prihal penetapan kursi dan perolehan caleg terpilih," jelasnya.

Setelah ditetapkan, sesuai dengan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) 5 tahun 2019 pasal 7 ayat 1 sampai 3, calon terpilih harus menyampaikan harta kekayaan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Laporan tersebut maksimal h+7 harus diterima KPU Sleman terhitung dari penetapan.

"Sebetulnya Kabupaten Sleman tidak menjadi objek sengketa. itu dibuktikan dengan surat dari MK," pungkasnya. (Ive)

 

BERITA REKOMENDASI