SMK Diponegoro Cetak Lulusan Berakhlak Mulia

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – SMK Diponegoro Depok Sleman mewisuda 38 siswanya yang telah menghafal quran dalam acara Wisuda Tahfidz Tahun Ajaran 2017/2018 di aula sekolah tersebut, Kamis (14/12/2017). Wisuda tahfidz pada semester gasal ini khusus untuk siswa kelas X dan XI, dibarengkan dengan penyerahan rapor.

Kepala SMK Diponegoro Depok, Asngari SPdI mengatakan, siswa yang diwisuda adalah yang telah menghafal (hafidz)minimal Juz ke-30. "Dari total 288 siswa kelas X dan XI ada 38 siswa yang telah hafal juz 30, dan dari jumlah itu ada 6 siswa yang hafal dua juz," terang Asngari kepada KRjogja.com usai wisuda.

Bagi siswa yang diwisuda mendapatkan sertifikat dan ijazah tahfidz. Acara wisuda dihadiri seluruh siswa dan orangtua, undangan serta perwakilan Kementerian Agama Kabupaten Sleman.

Menurut Asngari, menghafal quran masuk dalam kurikulum wajib sekolah yakni pelajaran Baca Tulis Quran. Empat kali seminggu, siswa yang telah dikelompokkan dipantau kemampuan baca tulis quran serta hafalannya. "SMK Diponegoro Depok, menjadi satu-satunya sekolah berbasis pesantren, dengan salah satu kurikulum unggulannya adalah tahfidz quran," katanya.

Waka Kesiswaan Riyas Jati Pamungkas SPd menambahkan, SMK Diponegoro Depok punya dua jurusan yaitu Tata Busana dan Teknik Otomotif Sepeda Motor. Dengan menguasai baca tulis quran dan memiliki hafalan, maka lulusan tidak hanya memiliki kompetensi di bidangnya, namun juga berakhlakul karimah (akhlak mulia). "Keunggulan inilah yang menjadikan orantua memilih menyekolahkan putra-putrinya disini," katanya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI