SMKN 2 Depok Luncurkan Produk Technopark 2018

SLEMAN, KRJOGJA.com – SMK Negeri 2 Depok Sleman atau yang dikenal STM Pembangunan Yogyakarta meluncurkan produk-produk technopark 2018, Kamis (13/12/2018). Produk yang dipamerkan merupakan hasil inovasi siswa dan guru dari 10 program keahlian yang ada, di antaranya Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Kimia Industri, Kimia Analisis, Teknik Perminyakan dan Teknik Elektronika.

Salah satu produk technopark unggulan yang dipamerkan adalah robot batik, inovasi bidang mekanik dan elektronika. Robot batik ini dibuat untuk dapat membantu proses pembelajaran berbasis STEM+Art serta dapat membantu mempermudah desainer batik dalam men-chanting. Kemudian dipamerkan inovasi teknologi elektronika berupa alat yang dapat merangsang pertumbuhan tanaman dan meningkatkan hasil pertanian hingga 80%.

Di bidang otomasi industri, dipamerkan production plan berbasis PLC. Ini merupakan peralatan industri yang berfungsi melakukan pekerjaan pembuatan, perakitan dan pemindahan secara otomatis. Selain itu ada robot line follower berbasis mikrokontroler, sebuah aplikasi kendaraan pengangkut barang tanpa driver (autopilot), sehingga biaya operasional bisa ditekan.

Kepala SMKN 2 Depok Sleman, Drs Agus Waluyo MEng mengatakan, produk yang dihasilkan oleh technopark adalah produk barang dan jasa terkini untuk memenuhi kebutuhan global dan bisa dipasarkan. Menurutnya, keberadaan technopark sangat bermanfaat untuk meningkatkan kolaborasi antara sekolah, perguruan tinggi, laboratorium riset serta Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).  

"Technopark ini sekaligus menjadi wahana unjuk kemampuan sekolah dalam menghasilkan produk inovatif. Selain itu juga menjadi pusat pelatihan bagi SMK-SMK di sekitarnya," terang Agus disela acara peluncuran produk technopark. Pameran dibuka oleh Tenaga Ahli Analis Kebijakan dan Kurikulum Pendidikan Kejuruan, Direktorat Pembinaan SMK, Dr Abdul Haris MSi, mewakili Direktur PSMK. Turut hadir Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Sleman, Drs Aragani Mizan Zakaria MPd, mewakili Kepala Disdikpora DIY. (Dev)

 

BERITA REKOMENDASI