Soal Pembukaan Wisata Kraton, GKR Bendara: Tunggu Turun Level 2

SLEMAN, KRJOGJA.com – GKR Bendara menjadi salah satu pembicara dalam sharing session peringatan World Tourism Day di Ballroom Sahid Raya Hotel, Senin (27/9/2021) siang. Beberapa hal menarik dibahas dalam agenda gagasan Dinas Pariwisata DIY dan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY tersebut salah satunya strategi seluruh stakeholder membangkitkan kembali pariwisata DIY.

Pariwisata DIY diketahui mengalami keterpurukan sejak pandemi melanda lebih dari 1,5 tahun lalu. Pegiat pariwisata mengalami paceklik karena kebijakan memutus mata rantai penyebaran virus Corona selalu berbanding terbalik dengan situasi dambaan sektor pariwisata.

GKR Bendara, Ketua Badan Promosi Pariwisata DIY yang juga Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan Nityabudaya Kraton ini menceritakan bahwa saat ini seluruh stakeholder pariwisata merasakan betul situasi tak mengenakkan. Namun, berangsur turunnya kasus Covid ditambah cakupan vaksinasi yang terus bertambah menguatkan keyakinan bahwa pariwisata akan bangkit kedepan.

Beberapa hal kini mulai diupayakan seperti vaksinasi khususnya masyarakat di sekitar destinasi wisata hingga sertifikat CHSE. Kraton misalnya, saat ini menurut Bendara sedang mengupayakan sertifikat CHSE untuk wisata Kraton meliputi Keben dan Tamansari.

“Sekarang Kraton juga sedang mengupayakan CHSE untuk Keben dan Tamansari. Untuk Pagelaran sedang direnovasi total nanti CHSE menyesuaikan ketika selesai, begitu juga museum kereta akan direnovasi tahun depan jadi menyesuaikan,” ungkap Bendara dalam sesi bincang media usai acara.

BERITA REKOMENDASI