Soal Ujian ASPD di SMPN 4 Depok Sleman Diduga Bocor, DPRD DIY: Usut Cepat!

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Publik dikejutkan adanya kabar kebocoran soal ujian Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) tingkat SMP untuk mata pelajaran Matematika di SMPN 4 Depok, Kabupaten Sleman. Seorang pengajar diduga membocorkan soal ujian yang kemudian viral tersebar di media sosial.

Dinas Pendidikan baik Kabupaten Sleman maupun DIY sudah membentuk tim pencari fakta untuk menemukan kejadian yang sebenarnya. Di sisi lain, dinas terkait sudah menginstruksikan adanya ujian ulang untuk mata pelajaran Matematika dengan soal yang berbeda.

Ketua Komisi D, DPRD DIY, Kuswanto mengatakan pihaknya sudah memanggil dinas terkait untuk mengklarifikasi situasi yang terjadi. Menurut dia, penyelenggaraan ASPD dibuat untuk membedakan kualitas DIY dengan daerah lain yang seharusnya mendapat dukungan seluruh pihak termasuk wakil rakyat.

“Ketika ada kejadian seperti ini dan ramai di medsos, kami punya beban moral sehingga kami undang Dinas Pendidikan untuk berbicara. Kejadiannya kan di SMPN 4 Depok jadi kami ingin tahu yang sebenarnya terjadi dan dinas sudah membentuk tim pencari fakta,” terangnya pada wartawan, Jumat (9/4/2021).

BERITA REKOMENDASI