Sobatku Jadi Pionir, Koperasi Indonesia Harus jadi ‘Milenial’

SLEMAN, KRJOGJA.com – Koperasi di Indonesia saat ini tercatat berjumlah lebih dari 130 ribu di mana beberapa berkembang pesat hingga mencatat omset perputaran uang hingga Rp 16 triliun. Namun, perubahan karakter masyarakat di era industri 4.0 yang begitu tergantung dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, menuntut koperasi untuk ikut berbenah agar tak ditinggalkan. 

Ketua Dewan Koperasi Indonesia DR. Agung Sudjatmoko, MM mengungkap saat ini segala lini sedang menghadapi perubahan ke arah digital yang membuat masyarakat mudah melakukan berbagai hal termasuk di bidang keuangan. Menurutnya digitalisasi juga harus diadaptasi oleh Koperasi agar pengembangan lini bisnis bisa terjaga. 

“Sekarang ini, generasi milenial kan maunya serba mudah, dan mereka dapat itu dari smartphone. Koperasi juga harus fokus pengembangan bisnisnya salah satunya melalui digitalisasi agar lini bisnisnya tumbuh, bisa menjangkau generasi milenial,” ungkapnya dalam temu pers pengundian grand prize Sobatku di atrium Plaza Ambarrukmo Minggu (14/7/2019).

Menurut dia, kolaborasi yang dilakukan KSP Sahabat Mitra Sejati bersama Bank Sahabat Sampoerna dengan membentuk aplikasi Sobatku menjadi salah satu bukti mendekatkan koperasi dengan segmentasi milenial untuk mengembangkan bisnis dengan menjaring segmentasi anggota lebih luas. “Sobatku ini jadi pelopor, kemudian menginspirasi munculnya koperasi lain yang punya layanan elektronik saving dan layanan digital lainnya. Ini tren yang positif, kami yakin kualitas koperasi di Indonesia kedepan akan semakin baik,” sambung dia. 

Sementara Oktavia Laksmi, selaku Fintech Product Activation Division Head Sobatku menyambung, pihaknya saat ini memang berupaya mendorong lebih jauh pelayanan koperasi melalui aplikasi e-saving Sobatku. Bukan hanya menjangkau kalangan menengah ke atas saja, Sobatku menurut dia juga mengakomodasi masyarakat dari bawah dengan tak membatasi nominal Rupiah tabungan elektronik tersebut. 

“Hari ini kami undi untuk grand prize dengan hadiah utama Rp 100 juta dan 4 paket umroh untuk anggota yang tergabung dalam Sobatku. Kami ingin membuktikan, ada keuntungan menjadi anggota Sobatku dan riil, bukan hoax karena pengundian kami lakukan terbuka. Mudah-mudahan kepercayaan masyarakat pada koperasi semakin baik kedepan,” tandas dia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI