Songsong Merdeka Belajar, ITNY Jalin Kerja Sama Triple Helix

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Untuk implementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menjalin kerjasama antar elemen triple helix yang terdiri dari unsure Perguruan Tinggi, Pemerintah dan Dunia Industri-Dunia Kerja.

Kerjasama triple helix yang diinisiasi oleh Prodi PWK ITNY tersebut ditandai dengan penandatanganan dokumen kerjasama antara ITNY dengan mitra kerja sama. Penandatanganan dokumen kerjasama antara ITNY dengan mitra dilaksanakan pada hari Jumat (06/11/2020) di Kampus ITNY, Babarsari, Sleman. Kegiatan ini mengambil tema ‘Sinergi Triple Helix dalam Merdeka Belajar untuk Menghasilkan Perencana Muda yang Bermoral-Tangguh-Kreatif’.

Hadir dalam penandatanganan dokumen kerjasama tersebut, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulonprogo Iffah Mufidati, SHMM, Carik Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul dan Direktur Utama PT SinergiVisi Utama Prof. Dr. H. Achmad Nurmandi, M.Sc. Sementara mitra dari Fakultas Teknik Universitas Hindu Indonesia (UNHI) yang diwakili oleh Dekan Fakultas Teknik UNHI Dr. I Komang Gede Santhyasa, ST MT secara simbolis melakukan penandatanganan dokumen kerjasama secara virtual menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

Para mitra menyambut baik kerjasama yang terjalin dengan ITNY. KepalaDinasPerdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulonprogo, Iffah Mufidati SH MM mengatakan bahwa kerjasama dengan perguruan tinggi memiliki nilai strategis, khususnya dalam menyongsong pembangunan di Kulonprogo paska beroperasinya Yogyakarta International Airport dan pembukaan jalan akses pariwisata. Apresiasi juga diberikan oleh Pemerintah Desa Timbulharjo yang menjadi salah satu mitra Prodi PWK ITNY dalam implementasi kurikulum MBKM.

“Melalui kerja sama ini diharapkan ITNY dapat membantu Desa dalam menggali potensinya,” terang CarikDesaTimbulharjo.

Sementara bagi Fakultas Teknik UNHI, Prodi PWK ITNY bukan lagi merupakan mitra baru. Berbagai bentuk implementasi kerjasama telah dilaksanakan oleh Prodi PWK UNHI yang berada di bawah Fakultas Teknik UNHI dengan Prodi PWK ITNY. Bentuk kerjasama yang telah dilaksanakan antara lain pertukaran pelajar, joint studio dan kuliahtamu. Begitu pula dengan PT SinergiVisi Utama yang sebelumnya telah banyak melibatkan dosen ITNY sebagai tenaga ahli dalam pekerjaan yang ditangani oleh PT Sinergi Visi Utama.

Rektor ITNY, Dr Ir H Ircham MTdalam sambutannya menekankan pentingnya peran Perguruan Tinggi sebagai problem solver bagi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Kehadiran ITNY diharapkan dapat memberikan manfaat, khususnya bagi wilayah di sekitar Kampus ITNY seperti salah satunyaKabupaten Bantul dan Kulonprogo.

“Kolaborasi terus dikembangkan oleh ITNY dengan berbagai mitra dalam rangka penerapan MBKM, baik dari dalam maupun luar negeri,” terang Ircham. (Jay)

BERITA REKOMENDASI