Sosial Distancing, Syarat Mutlak Pencegahan Covid-19

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN. KRJOGJA.com – Ditengah wabah Covid-19, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) menggelar diskusi wawasan kesehatan secara online melalui live streaming YouTube, Sabtu (21/03/2020). Diskusi dengan tema ‘Covid-19 dan Impilkasinya Pada Kesehatan Fisik, Psikis, Sosial dan Spiritual’ ini menghadirkan narasumber yang berkompeten antara lain dr Corona Rintawan SpEM (Ketua Muhammadiyah Covid-19 Command Center), Agil Dhimitra Aulia Dewi, MPH (Ketua Program Studi Gizi Unisa) dan Drs Sihono HT (Ketua Persatuan Wartawan Indonesia DIY).

Dalam diskusi tersebut dr Corona Rintawan menjelaskan Covid-19 muncul tahun 2019. Covid-19 dengan SARS dan H5N1 sama-sama penyakit flu yang ada terdapat pada hewan dan bisa menjangkiti manusia.

Virus ini mudah menular dan paling sering terjadi pemyebaran pada acara perkumpulan massa. “Social Distancing menjadi syarat mutlak agar tidak terjadi penyebaran,” jelas Corona.

Lebih lanjut Corona mengatakan ketaatan melakukan sosial distancing mempengaruhi cepat atau lambatnya wabah ini berakhir. “Kembali kepada perilaku masyarakat. Diri kita masing-masing, patuh atau tidak melakukan sosial distancing,” tambahnya.

BERITA REKOMENDASI