Sosialisasi Hewan Kurban, DP2K Gandeng Kemenag

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN (KRjogja.com) – Dua pekan jelang Idul Adha, Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (DP2K) terus menggencarkan sosialisasi tentang tata cara penanganan hewan kurban. Kegiatan tersebut akan melibatkan petugas dari Kantor Kementrian Agama (Kemenag) terutama dari segi ilmu fiqh.

Setidaknya ada tiga aspek yang ditekankan dalam setiap sosialisasi. Pemilihan hewan kurban, cara merebahkan hewan dan penanganan daging. Untuk pemilihan hewan kurban, rata-rata masyarakat sudah memahami ciri hewan yang layak hewan kurban.

“Biasanya yang antusias ditanyakan itu tentang cara merebahkan hewan saat hendak disembelih. Lokasi juga harus diperhatikan. Berdasarkan pengalaman alas yang digunakan kurang memenuhi syarat. Karena hanya ditempatkan di tanah atau daun pisang saja,” kata Kepala Bidang (Kabid) Peternakan DP2K Sleman Suwandi Azis saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (29/8).

Disarankan, masyarakat menggunakan plastik transparan sebagai alas saat menanganan daging kurban. Untuk petugas juga disarankan mengenakan masker. Karena selama ini, beberapa dari mereka yang sambil merokok. Bahkan tetap mengenakan alas kakinya. Meski sederhara, namun tindakan tersebut membuat daging kurban menjadi kurang higienis.

“Untuk masyarakat yang ternyata memiliki penyakit TBC, kami sarankan tidak mendekat di sekitar tempat penyembelihan. Bahkan lokasi penanganan daging. Karena sangat rentan terjadi penularan. Untuk petugas yang sedang flu atau batuk, masih boleh. Asal mengenakan masker,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Hewan (Keswan) Bidang Peternakan DP2K Drh Nanang Danardono.

Jika petugas dari DP2K fokus pada tata cara penanganan daging kurban. Nantinya dari Kemenag akan fokus menjelaskan dari ilmu fiqh. Karena kurban itu tidak sebatas menyembelih hewan saja. Tapi ada manfaat lebih di sana. Terutama dari segi agama. “Harapannya tentu agar proses penyembelihannya sesuai dengan syariat. Mengingat Idul Adha merupakan salah satu peringatan hari besar agama,” tegasnya. (Awh)

BERITA REKOMENDASI