‘Srandul’ Kecamatan Prambanan Terbaik di Festival Teater Tradisional

SLEMAN, KRJOGJA.com – Kecamatan Prambanan meraih prestasi sebagai Penyaji Terbaik Pertama dalam Festival Teater Tradisional Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Jum’at dan Sabtu (06– 07/2017) di Pendopo Panggungsari Sariharjo Ngaglik Sleman.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman HY Aji Wulantara, SH, M.Hum menjelaskan kecamatan Prambanan yang menyajikan 'Sandul' mampu menyisihkan kontingen lain dari seluruh kecamatan se Kabupaten Sleman dengan nilai 1.203. Atas perolehan tersebut kontingen Kecamatan Prambanan berhak atas tropy dan hadiah sebesar Rp 7.500.000,- Menyusul penyaji terbaik kedua adalah Kecamatan Ngaglik yang menyajikan 'Sastra Tutur' dengan nilai 1.183, penyaji terbaik ketiga Kecamatan Ngemplak yang menyajikan 'Srunthul' dengan nilai 1.159. 

"Dewan juri Festival Upacara Adat dan Tradisi Budaya terdiri dari Drs. Purwatmadi, Dr. Djoko Dwiyanto, M.Hum, dan Sancaka, S.Pd.  Aspek penilaian meliputi kreatifitas, symbol upacara adat/ tradisi budaya, harmoni, dan kirab," ungkapnya. 

Penyaji terbaik ke empat Kecamatan Depok yang menyajikan 'Kethoprak Ongkek' dengan nilai 1.147, penyaji terbaik kelima Kecamatan Gamping yang menyajikan 'Kethoprak Lesung' dengan nilai 1.141, dan penyaji terbaik keenam Kecamatan Mlati yang menyajikan 'Drama Tari Antup' dengan nilai 1.109. (*)

BERITA REKOMENDASI