Sri Purnomo Resmikan Gedung Dekranasda Sleman

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Bupati Sleman, Sri Purnomo meresmikan Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sleman yang terletak Jalan Magelang km 10 Bangunrejo Tridadi Sleman, Selasa (09/02/2021). Gedung megah yang berada tepat di utara salah satu pusat perbelanjaan tersebut diharapkan dapat mempercepat kebangkitan Industri Kecil Menengah (IKM) Sleman yang ikut terpukul akibat Pandemi Covid-19.

Grand launching Gedung Dekranasda Sleman ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo didampingi Ketua Dekranasda Sleman, Kustini Sri Purnomo dan Sekda Sleman, Hardo Kiswaya. Acara launching ini juga dilakukan secara virtual menghadirkan 17 Kapanewon, organisasi pelaku usaha, dekranasda dari Jawa Barat, Ngaw, Cimahi dan beberapa lembaga perbankan. Acara ini dihadiri 20 orang secara offline selebihnya dilakukan live streaming youtube, fb IG dan zoom.

Ketua Dekranasda Sleman, Kustini Sri Purnomo disela acara menegaskan gedung tersebut dapat dimaksimalkan dalam jangka panjang untuk mempromosikan produk-produk IKM Sleman. Sehingga nantinya, hasil produksi kerajinan Sleman terus meningkat dan berimbas pada peningkatan perekonomian daerah.

“Ada 100an IKM yang sudah masuk, termasuk diantaranya makanan dan minuman. Nantinya kami harap setiap kapanewon dapat melaporkan IKM yang layak untuk masuk dan dipamerkan bersama,” tegas Kustini.

Jika belum layak, sambung Kustini, Dekranasda Sleman akan memberikan beberapa pelatihan, pendampingan hingga produk IKM memiliki daya saing yang tinggi. Sehingga nantinya, masyarakat Sleman bangga dengan produk Sleman dan mensukseskan kampanya “Borong Bareng Produk Sleman”.

“Setelah Grand Launching kami akan undang sekitar 50 organisasi untuk melihat produk-produk Sleman. Tentu mereka datang secara bergiliran dengan protokol kesehatan yang ketat,” sambungnya.

Ketua Dekranasda DIY, GKR Hemas yang memberikan sambutan secara virtual mengapresiasi Pemkab Sleman yang telah memfasilitasi para pengrajin melalui pembangunan gedung Dekranasda Sleman yang megah.

“Kami bangga, Dekranasda Sleman dapat memfasilitasi pengrajin melalui gedung yang megah dan strategis. Bangunan ini akan bermanfaat bagi pengrajin sehingga mereka akan men-dapatkan banyak manfaat positif,” kata Hemas.

Bupati Sleman, Sri Purnomo pun berharap gedung Dekranasda Sleman yang megah dan strategis tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mempromosikan produk Sleman. Dengan begitu, masa depan IKM di Sleman menjadi lebih cerah.

“Dengan semangat borong bareng, IKM di Sleman dapat berkembang semakin baik. Tempat ini bisa jadi sarana promosi sekaligus memamerkan produk-produk IKM Sleman,” lanjutnya.

Di Gedung Dekranasda Sleman banyak kerajinan yang dipamerkan mulai dari furniture, pernak-pernik, tas kulit, batik hingga produk makanan dan minuman. (Yud)

BERITA REKOMENDASI