Status Merapi Waspada, Lava Tour Jalan Terus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Aktivitas pariwisata di sekitar lereng Merapi tetap berjalan. Salah satunya pengelola lava tour. Jika sebelumnya ada tiga jarak yang ditawarkan kepada wisatawan, kali ini hanya jarak pendek saja.

Hal ini sebagai respon pengelola terhadap naiknya status Gunung Merapi dari Normal ke Waspada. Mereka hanya melayani jarak pendek saja yang sampai Batu Alien. Lokasi tersebut memiliki jarak lebih dari lima kilometer dari puncak Gunung Merapi.

"Kami hanya melayani untuk jarak pendek, karena menyesuaikan dengan instruksi. Kalau yang jarak panjang bisa sampai Kaliadem dan itu hanya 2 kilometer dari puncak," ujar Ketua Paguyuban Jeep Wilayah Barat Wisata Lereng Merapi, Dardiri, Rabu (23/05/2018).

Dardini mengakui ada penurunan wisatawan yang menggunakan jasa lava tour. Selain karena ini adalah bulan puasa, juga karena bencana. Penurunan pengunjungnya sendiri mencapai lebih dari 80 persen dibandingkan hari biasa.

"Satu operator itu hanya 1-2 armada saja yang jalan. Sudah dua hari ini. Kemarin dan hari ini. Biasanya setiap puasa memang sepi, tapi tidak sebanyak ini penurunannya,” ujar Dardini. (Awh)

BERITA REKOMENDASI