Sultan HB X Ajak AMSI DIY ‘Amemayu Ajining Pawarta’

YOGYA, KRJOGJA.com – Gubernur DIY Sri SUltan Hamengku Buwono X mengajak media-media siber atau online yang tergabung dalam Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) DIY untuk ‘Amemayu Ajining Pawarta’ atau memberdayakan kekuatan informasi untuk kesejahteraan masyarakat Yogyakarta. Hal tersebut diungkapkan Sultan dalam sambutan daring di acara Konferensi Wilayah II AMSI DIY, Senin (30/11/2020) di Atrium Hotel Yogyakarta.

Menurut Sultan, teknologi informasi telah membentuk sebuah tatanan baru, yaitu information society. Hal ini dapat ditengarai dengan kuantitas informasi yang beredar di masyarakat. Sayangnya, kuantitas informasi disusupi juga oleh  informasi yg tidak benar atau hoaks. Hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Science, menunjukkan  bahwa berita bohong lebih cepat menyebar daripada berita asli.  “Saat ini diperlukan sebentuk kerja bersama untuk memerangi dan meminimalisir peredaran hoax di masyarakat,” kata Sultan HB X.

Menurut Sultan, gugus media online yang tergabung dalam AMSI diharapkan dapat menjadi simpul distribusi informasi yang akurat dan mencerdaskan. “Saya berharap, media yang tergabung di dalam AMSI senantiasa memegang teguh amanah Undang-Undang No 40 tentang Pers dan juga kode etik jurnalistik,” katanya. Ditambahkan Sultan, Pemerintah Daerah DIY senantiasa siap bersinergi untuk bersama-sama AMSI DIY.

Konferwil II AMSI DIY sendiri menghasilkan kepengurusan baru yaitu Ketua Anton Wahyu Prihartono (Harianjogja.com) dan Sekretaritis, Reren Indranila (Radar Jogja Digital). Anton Wahyu Prihartono menjelaskan, pihaknya akan mendorong para jurnalis agar lulus uji kompetensi. “Ini untuk meningkatkan kredibilitas media online agar bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya saat ditemui pada Senin usai Konferensi Wilayah II di The Atrium Hotel.

Konferwil juga memilih Badan Pertimbangan dan Pengawas Organisasi (BPPO) yang terpilih di antaranya Octo Lampito (Pemred KRjogja.com), Putut Wiryawan (Pemred Koranbernas.id), dan Heri Purwata (Jognews.com).

Ketua Badan Pertimbangan dan Pengawas AMSI Pusat Sapto Anggoro, yang juga merupakan CEO Tirto.id, menambahkan, media perlu memiliki karakter dengan tetap mempertahankan kredibilitas. (Apw)

 

BERITA REKOMENDASI