Sultan Ingatkan Pedagang Tak Sembarangan Naikkan Harga

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pemda DIY sudah memastikan pasokan bahan pangan aman selama masa libur panjang Idul Fitri 2017. Bahkan, terbaru Bulog Divre DIY juga telah menggelontorkan bawang putih yang dianggap komodoti berharga paling mahal saat ini di pasaran.

Melihat fakta ini Gubernur DIY Sri Sultan HB X berharap pada para pedagang agar tak semena-mena menaikkan harga dengan dalih ketidaktersediaan barang atau melonjaknya permintaan masyarakat. "Kalau naik lagi yang itu keserakahan pedagang saja, alasannya tradisi tapi kan tradisi yang menguntungkan satu pihak saja, bukan konsumen," ungkap Sultan di Mapolda DIY, Senin (19/06/2017).

Pemda DIY menurut Sultan sudah memastikan ketersediaan bahan pangan di lima kabupaten kota untuk masa Lebaran 2017. "Kita punya tim pengawas bahan pangan, kita pastikan barang itu ada dan kalau naik tidak banyak. Sebenarnya tidak naik itu tak masalah wong barangnya ada," imbuh Sultan.

Sultan menilai selama ini ada tradisi buruk yang dipelihara para pedagang dan distributor bahan pangan untuk memainkan harga jelang momen tertentu. Padahal hal tersebut sangat merugikan konsumen yang terpaksa membayar berlipat untuk mendapatkan bahan pangan.

"Masa mau puasa naik, nanti Lebaran naik lagi, tahun baru juga naik lagi. Itu kan namanya keserakahan pedagang saja, tidak boleh lagi terjadi seperti itu," pungkasnya.

Tim Pemantau Inflasi Daerah (TPID) DIY sendiri terus melakukan pemantauan harga di sentra penyedia bahan pangan. Tim dari Polda DIY pun diturunkan untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan yang menyebabkan ketidakstabilan harga pangan di pasaran. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI