Sunan Kalijaga Menghafal, Membawa Generasi Agamis dan Pancasilais

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Berawal dari ketertarikan mahasiswa baru menghafal Alquran, lewat UKM AL-Mizan maka Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan event Sima'an Khotmil Quran. Kegiatan ini dibuka langsung Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof Drs KH Yudian Wahyudi, PhD di depan gedung Poliklinik UIN, Senin (15/10/2018).

Acara ini mengajak seluruh mahasiswa untuk ikut simaan atau menyimak membaca Alquran, dari pagi sampai sore hingga selesai 30 Juz atau tuntas seluruh Alquran. Dimulai setelah pembukaan acara, kegiatan ini bertempat di Halaman Poliklinik UIN.

Acara yang sudah berlangsung ke tiga kalinya ini mengangkat tema ‘Dengan Alquran Kita Menuju Genarasi yang Agamis dan Pancasilais’. Tema tersebut diangkat karena menyikapi kegelisahan yang sekarang sedang mencuat, seperti halnya agama dikaitkan dengan isu politik dan agama yang disalahartikan dimaknai terlalu verbal dan terlalu luas.

“Dimaknai terlalu verbal dan terlalu luas, sehingga ingin kita kembalikan ke aslinya ke Quran,” ungkap ketua panitia, Tegar Muwafiqul Haqqoni.

Tegar menghimbau agar umat muslim tidak sembarangan menggunakan dalil. Lebih baik mengaji dan mempelajari Alquran dulu dengan benar agar mengerti dan tidak mudah termakan isu agama. “Agama dan Pancasila itu saling berkaitan, seperti halnya sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa,” tambahnya.

Acara ini disambut dengan antusias oleh mahasiswa yang mengikuti simaan Alquran, Fina Rudati salah satunya. "Senang dan semangat bisa mengikuti kegiatan ini. Salut juga banyak peserta yang sudah banyak hafalan, merasa termotivasi,” ungkapknya. (Fathoni Ashari)

BERITA REKOMENDASI