Taat Prokes, Warga Bisa Salat Idul Fitri dan Bersilaturahmi

SEJAK puasa akhir Ramadan tepatnya Rabu (12/5) pagi, Warga RT 01 dan 02, Maguwoharjo, Kabupaten Sleman tampak sibuk. Mereka tetap semangat membersihkan lahan sepanjang 50 meteran itu. Ada yang menyapu, menyiram tanah dengan air hingga mengumpulkan tikar. Suasana menyambut hari kemenangan membuat warga tetap antusias menyiapkan takbiran dan salat idul fitri tahun 2021 ini. Zona kawasan yang sempat memerah awal tahun 2020 berubah menjadi orange dan akhirnya menjadi kuning menjelang awal Mei.

“Alhamdulillah Zona kawasan RT 01 dan 02 sudah menjadi kuning. Kami juga sudah mendapat restu dari Satgas Covid tingkat desa untuk menggelar takbiran sederhana dan salat idul fitri. Namun, tetap diingatkan untuk tetap mengikuti protokol kesehatan seperti selalu mengenakan masker, mengatur jamaah tidak terlalu berdesakan. Bahkan, jamaah diminta untuk berwudhu di rumah, membawa peralatan salat sendiri dan sebelum salat diperiksa suhu badannya dengan thermo gun,” ungkap Panitia Salat Idul Fitri sekaligus Ketua RT 02, Sri Maryanto, kemarin.

Sri Maryanto atau akrab disapa Yanto ini menjelaskan lokasi salat idul fitri disemprot cairan disinfektan yang merupakan hasil swadaya masyarakat. Sedangkan keputusan mengadakan salat idul fitri diambil setelah musyawarah mufakat dengan tetap memperhatikan saran Satgas Covid-19 tingkat desa. Sedangkan, untuk takbiran yang biasanya dilakukan dengan berkeliling kampung, kali ini cukup dilakukan ditempat yang diikuti beberapa murid TPQ setenpat dibantu remaja masjid. Waktunya juga mulai Pukul 19.00 -21.OO wib.

BERITA REKOMENDASI