Tagana Seluruh DIY Diperbantukan Ke Merapi

SLEMAN, KRJOGJA.com – Peningkatan status Gunung Merapi tidak hanya membuat warga waspada dan lebih siaga. Namun juga Taruna Siaga Bencana (Tagana). Total di Kabupaten Sleman ada 118 personil yang siap digerakkan.

Terhitung mulai hari ini, Jumat (25/5/2018) Tagana Sleman mendapatkan bantuan personil Tagana dari kabupaten/kota di Yogyakarta. Setiap hari ada 20 Tagana yang akan langsung terjun ke lapangan.

"Dari jumlah itu, setiap hari ada 20 personil. Mereka langsung diterjukan ke lapangan. Posko utama Tagana tetap ada di Posko Utama Pakem. Sedaangkan lokasi sebaran personil di Desa Glagaharjo dan Umbulharjo Kecamatan Cangkringan, Turgo Pakem serta Turi," katanya, Jumat (25/5/2018).

Tahap awal, mereka dikumpulkan di Aula Museum Gunungapi Merapi (MGM) Desa Purwobinangun Kecamatan Pakem untuk mendapatkan informasi tentang perkembangan Gunung Merapi terkini. Dengan narasumber dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman.

Selain Tagana, ikut dalam sosialisasi kepala desa daerah terdampak, kepala dukuh, sekolah hingga masyarakat di sekitar Gunung Merapi sebelah selatan. Ketua Tagana Sleman Sriyono menuturkan, total ada 80 personil Tagana dari empat kabupaten/kota di Yogyakarta.

Sriyanto menambahkan, Tagana tetap bekerja sesuai dengan tupoksinya. Sejauh ini kebanyakan membantu pengungsi. Mulai dari saat mereka turun hingga membagikan masker. "Tentu saja kami berasa terbantu dengan adanya tambahan personil ini," jelasnya.(Awh)

BERITA REKOMENDASI