Tahun 2017, KPU Selenggarakan 101 Pilkada

KULONPROGO (KRjogja.com) – Tahun 2017, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah pada 101 termasuk diantaranya Kabupaten Kulonprogo. Transparansi merupakan aspek utama yang menjadi taruhan KPU untuk memperkuat kepercayaan publik kepada penyelenggaraan pilkada.

Hal itu dikatakan Komisioner Divisi Sosialisasi dan SDM KPU RI Sigit Pamungkas saat meluncurkan Pilkada 2017 Kabupaten Kulonprogo, Minggu (21/8/2016) di Lapangan Secang Desa Sendangsari Kecamatan Pengasih. Peluncuran ditandai dengan pelepasan bibit ikan Beong di bantaran sungai Clereng dan penanaman bibit pohon di Bumi Perkemahan Secang.

"Kami bertekad untuk menjaga transparansi pada pelaksanaan Pilkada 2017. Salah satunya dengan merilis C1 hasil penghitungan di setiap TPS yang akan ditampilkan dalam website KPU. Masyarakat bisa melakukan kroscek terhadap hasil penghitungan di lapangan," tegasnya.

Disampaikan  Sigit, meski CI yang ditampilkan dalam website bukan hasil yang akan dipakai rekapitulasi, tapi bisa digunakan sebagai data pembanding atau kontrol masyarakat demi terciptanya pilkada yang transparan profesional, jujur dan adil, serta berintegritas.

Sigit menyatakan, tahun 2015 pilkada serentak dilakukan 269 daerah, namun masih menyisakan satu daerah yang ditunda oleh pengadilan dan masih menunggu putusan kasasi. Tahun 2017 mendatang pilkada dilaksanakan pada 101 daerah termasuk Kulonprogo. "Harapannya pilkada serentak, meningkatkan mutu dan kualitas penyelenggaraan dibandingkan tahun 2015," katanya.

Ketua KPU Kulonprogo Muh Isnaeni menambahkan, pelepasan ratusan bibit ikan Beong di bantaran sungai Clereng dan penanaman pohon demokrasi di bumi perkemahan Secang Pengasih, merupakan rangkaian peluncuran Pilkada 2017 Kulonprogo. (Wid)

BERITA REKOMENDASI