Tahun Baru Islam, Kunjungan Wisatawan Naik

SLEMAN, KRJOGJA.com – Meski bukan libur panjang, hari libur Nasional Tahun Baru 1 Muharam, Sabtu (30/7/2022) memberikan peningkatan yang cukup berarti pada sejumlah destinasi di Kabupaten Sleman. Hasil monitoring Dinas Pariwisata Sleman ke sejumlah destinasi wisata mengalami kenaikan jumlah pengunjung.

“Pada hari Sabtu dan Minggu kemarin secara variatif terdapat kenaikan pengunjung, baik pada tempat wisata alam, buatan, dan juga museum. Besarnya kenaikan bervariasi mulai dari 10 hingga 50 persen dibanding weekend minggu lalu,” ungkap Plt Kepala Dinas Pariwisata Sleman Suparmono kepada KRJOGJA.com, Selasa (2/8/2022).

Dibeberkan, di Monumen Jogja Kembali terpantau kenaikan tidak kurang dari 10 %, Jogja Water Boom dengan data kenaikan signifikan dibanding minggu lalu. Kunjungan di sejumlah candi yaitu Candi Ijo, Candi Sambisari, Candi Sari, Candi Kalasan, dan Candi Banyunibo terdapat peningkatan sekitar 20 persen dari 765 pengunjung menjadi 947 pengunjung. Studio Alam Gamplong tercatat kenaikan kunjungan sebanyak 27 persen, sedangkan di Grand Citra Waterpark dan Soraloka Zoo kunjungan naik hingga sangat signifikan sekitar 50-an persen. Kemudian Breksi New Destinasi pada Sabtu (23/7/2022) kunjungan 2.864 wisatawan, dan untuk Sabtu (30/7/2022) ada 5.771 wisatawan atau naik naik hampir 100 persen.

“Dalam pantauan kami, pengelola masih menerapkan protokol kesehatan (prokes). Melalui media informasi pengeras suara dan papan informasi mengingatkan pengunjung untuk tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan dengan pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan. Bahkan di beberapa destinasi masker disediakan secara cuma-cuma seperti di Soraloka Zoo,” pungkas Suparmono.(Has)

BERITA REKOMENDASI