Tahun Hak Cipta, Lindungi Kekayaan Intelektual

Editor: Ary B Prass

SLEMAN, KRJOGJA. com  –  Perlindungan kekayaan intelektual hak cipta menjadi hal yang sangat penting dilakukan di tengah perkembangan kreatfitas yang semakin pesat. Potensi pelukis Indonesia untuk mendapatkan keuntungan/manfaat dari lukisannya sangat besar. Perlindungan hak cipta sebagai upaya preventif  mencegah terjadinya pelanggaran hukum seperti pembajakan.
“Kerugian ekonomi dan moral akan dirasakan para pelukis bila menjadi korban pembajakan. Nilai atas hasil karya yang seharusnya didapatkan dengan jumlah besar namun hanya diterima sedikit atau tidak sama sekali,” tutur Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan Kekayaan Intelektual DJKI (Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual) Kemenkumham RI Daulat Silitonga, Kamis (19/5/2022) Hotel Marriot Yogyakarta.
Focus Group Discussion (FGD)  tentang perlindungan kekayaan intelektual hak cipta yang dihelat DJKI Kemenkumham berkolaborasi dengan Kantor Wilayah Kemenkumham DIY bertajuk Resale Rights & Rental Rights sebagai wujud implementasi Tahun Hak Cipta. “Acara ini adalah komitmen kita untuk terus mengajak masyarakat mengajukan perlindungan kekayaan intelektual hak ciptanya”, jelasnya.
Sementara Kepala Kanwil Kemenkumham DIY Imam Jauhari menyatakan dukungan program-program DKJI  dengan berbagai kegiatan yang telah dilakukan,  diantaranya talk show hingga pameran seni rupa. “Kesadaran masyarakat melakukan pendaftaran perlindungan hak cipta terus meningkat,” jelasnya.
FGD Resale Rights & Rental Rights ini dibuka oleh Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM bidang Politik dan Keamanan, Y Ambeg Paramarta. Juga dilakukan penyerahan penghargaan dari WIPO kepada UGM karena telah berhasil  melakukan hilirisasi hasil riset kepada masyarakat.
“Apresiasi pada UGM yang telah melakukan upaya konkret mendorong perkembangan kekayaan intelektual di Indonesia,” jelas Y. Ambeg
Hadir dalam acara tersebut Direktur Penelitian UGM Prof. Mustofa, jajaran pejabat structural dan fungsional, para seniman di wilayah DIY, beserta stakeholder. (Vin)

BERITA REKOMENDASI