Tak Gunakan Masker di Sleman, Siap-siap Ditindak

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pemkab Sleman sedang menyiapkan peraturan bupati (perbup) dalam penegakan penanganan Covid-19. Perbup itu sebagai acuan Pemkab Sleman, salah satunya untuk menindak masyarakat yang tidak mengenakan masker.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan, perbup itu untuk menindaklanjuti Inpres No 6 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19. Sekarang ini, perbup sedang dalam penyusunan draf.

”Perbup sedang kami susun. Kemungkinan dalam waktu dekat, perbup itu selesai dan akan saya tandatangani,” kata Bupati.

Menurutnya, perbup itu dalam rangka untuk meningkatkan disiplin masyarakat untuk mencegah penularan virus Korona. Di antaranya menindak masyarakat yang tidak mengenakan masker saat berada di luar rumah.

”Untuk denda itu pilihan terakhir. Tapi nanti akan dikedepankan teguran lisan, tertulis. Harapan kami masyarakat disiplin mengenakan masker dalam segala kegiatan,” terangnya.

Plt Kasat Pol PP Kabupaten Sleman Arif Permana menambahkan, perbup itu tidak hanya untuk masyarakat umum saja. Namun juga untuk penegakan di tempat-tempat usaha supaya tidak menjadi tempat penularan virus Korona

”Nanti kami akan memperingatkan dulu. Baik teguran lisan maupun tertulis. Untuk tempat usaha yang tidak disiplin, sanksi terberatnya tempat itu bisa kami tutup,” tegas Arif.

Dikatakan, untuk sidak pertama bersama Inspektorat dan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) mengecek Aparat Sipil Negara (ASN). (Sni)

BERITA REKOMENDASI