Tak Hanya Soal Bisnis, Pengusaha Migas Wajib Bantu Hadapi ‘Mafia’

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pengusaha minyak dan gas (migas) diminta jangan hanya berorientasi pada bisnis semata namun juga membantu menjaga kerawanan harga dan stok migas yang rentan dimainkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

"Tugas Hiswana Migas membantu menjaga kestabilan harga dan stok migas yang rentan dimainkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab," ujar Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan DIY, Muji Raharjo saat membacakan sambutan  Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Musyawarah Cabang (Muscab) DPC Hiswana Migas DIY, Rabu (6/11).

Dijelaskan Muji, Hiswana Migas sebagai satu-satunya organisasi rekanan Pertamina yang menyalurkan minyak dan BBM hendaknya jangan hanya berkonsentrasi pada kepentingan bisnis saja tetapi terus berupaya cegah terjadinya kecurangan sehingga menjamin pemerataan distribusi.

Ditambahkan Muji, sinergitas pemerintah dengan Hiswana Migas memiliki peran strategis. Adapun Hiswana Migas memiliki peran penting yakni bertindak sebagai pengawal kebijakan migas untuk dapat terdistribusikan secara adil dan merata.

Ketua Panitia Muscab DPC Hiswana Migas DIY, Arianto Sukoco menuturkan Muscab "Menguatkan Kinerja Bisnis Migas untuk Memenangkan Persaingan di Era Disrupsi" ini diikuti 187 anggota yang resmi tercatat.

"Bisnis energi ini merupakan bisnis nasional. Sementara ketersediaan energi yang terbatas membuat pengusaha migas dituntut profesional dengan kinerja dan bangga gunakan produk sendiri. Pengusaha Migas juga dituntut meningkatkan value

untuk bertahan dan tumbuh dengan meningkatkan daya saing," urainya.

Ketua DPC Hiswana Migas DIY Periode 2015-2019, Drs Siswanto,MM menuturkan program kerja utama yakni menjaga sinergitas Hiswana Migas dan Pertamina supaya tetap solid. "Program kerja lain membangun hubungan sinergitas dengan Pemda karena Hiswana Migas DIY sebagai operator di lapangan harus selalu berkoordinasi dan jangan sampai salah dalam  pendistribusian migas. Selama ini komunikasi sudah terjalin erat," katanya. (Aje)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI