Tanamkan Karakter Perjuangan, 30 Anggota Veteran Hadir di SMAN 1 Pakem

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sebanyak 30 anggota Legiun Veteran Republik Indoensia (LVRI) DIY hadir di SMAN 1 Pakem untuk memberikan motivasi mengenai Nilai-nilai Kejuangan 1945, Jumat (27/04/2018). Acara diikuti siswa-siswi kelas X dan XI.

Menurut Djarot Prijanto Waka Kesiswaan SMAN 1 Pakem, sosialisasi nilai-nilai kejuangan 45 tersebut bertujuan untuk penanaman karakter pada siswa dari seorang pejuang atau pembela negara. "Kebetulan ada agenda dari LVRI untuk melakukan sosialisasi nilai-nilai kejuangan. Maka dari itu kami bekerjasama dan menghadirkan narasumber yang juga
seorang pejuang. Harapannya, siswa lebih mengenal sejarah dan mau mengimplementasikan dalam kesehariannya," jelas Djarot.

Sementara Kepala Departemen Pewarisan Nilai Kejuangan 45, DPP Legiun Veteran Republik Indoensia (LVRI) Mayjen TNI Mar (Purn) Nono Sukarno menjelaskan, semangat rela berkorban dan tanpa pamrih kini mulai memudar diantara pelajar. Hal itu bisa dilihat dengan adanya kenakalan remaja hingga perilaku kurang terpuji yang dilakukan generasi penerus saat ini.

"Padahal di dalam sejarah, banyak nilai-nilai kejuangan di tahun 1945 dan 1949. Dimana para pejuang mampu menyelesaikan permasalahan bangsa. Untuk itulah kami ingin generasi penerus mau mengimplementasikan
nili-nilai kejuangan di era sekarang. Kalau pelajar ya harus rela berkorbanbelajar dengan rajin, atau yang sudah kerja hendaknya bekerja dengan baik dan giat," terangnya," tegasnya. (Adk)

 

BERITA REKOMENDASI