Tangguh di Tengah Pandemi, Dusun Brayut Dicanangkan Sebagai KTN

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dusun Brayut Pandowoharjo Sleman, dikukuhkan sebagai Kampung Tangguh Nusantara (KTN) oleh Muspika Kecamatan Sleman, Selasa (06/10/2020). Penerapan KTN di dusun tersebut, di antaranya warga sudah memanfaatkan sisa lahan untuk menanam sayuran. Selain itu juga adanya pos kamling, sekolah ramah anak dan penerapan protokol kesehatan oleh warga.

“Setiap rumah, di depannya diwajibkan menyediakan tempat untuk cuci tangan. Tiap gang kita juga memasang spanduk ataupun poster berisi edukasi kesehatan atau menerapkan protokol kesehatan. Saat ini, pertanian dan perikanan menjadi andalan dusun kami,” jelas Kepala Dusun Brayut, Poniman.

Panewu Kecamatan Sleman Mustadi S Sos MM mengatakan, Dusun Brayut layak dicanangkan sebagai KTN. Mengingat ketangguhan masyarakat Brayut di tengah pandemi, sangat luar biasa. Baik dari segi kesehatan, ekonomi, pendidikan hingga komunikasi antarwarga. Lebih lanjut, Mustadi menyatakan jika keberadaan KTN sangat penting, apalagi di tengah pandemi Covid-19.

“Saat ini kita dalam masa pandemi, sehingga kebersamaan, solidaritas antarwarga, penting dilakukan. Target kami, seluruh kampung di Kecamatan Sleman dicanangkan sebagai KTN,” ujar Mustadi didampingi Kapolsek Sleman AKP Irwiantoro dan Danramil Sleman Kapt Arm Wahyu Kuncoro.

Keberadaan KTN, juga diharapkan mampu mendorong masyarakat berdisiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan adaptasi kebiasaan baru. Selain itu juga mampu menggerakkan masyarakat untuk memiliki ketangguhan baik ekonomi, kesehatan maupun pendidikan dalam menghadapi pandemi Covid-19. (Ayu)

BERITA REKOMENDASI