Tempel Rintis Program Peduli Pembelajaran Daring

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dampak pandemi Covid -19 belum menyurut, pendidikan menjadi salah satu sektor yang paling merasakan. Merujuk fakta yang terjadi, Kapanewon Tempel merintis program peduli pembelajaran jarak jauh atau daring. tahap awal program ini mulai diaplikasikan di Padukuhan Sedogan Kalurahan Lumbungrejo.

Menurut Dukuh Sedogan, Aisyiah Wulansari selama ini banyak dijumpai kendala dalam melaksanakan pembelajaran daring di masa pandemi Corona. Diantaranya orang tua tidak bisa mendampingi serta membimbing anak-anaknya dalam belajar, selain juga boros dalam penggunaan paket data sehingga digagas program ini.

“Sedogan berbagi jaringan dengan pendampingan belajar daring terbagi menjadi 3 titik lokasi, pos 1 bertempat di Omahsrawung punokawan mengampu siswa SD yang berasal dari RT 1, 2 dan 4 dan pos 2 bertempat di rumah Bapak Aris RT 3 mengampu para siswa RT 3 serta pos 3 bertempat di rumah Bapak Sutardi mengampu siswa SD yang ada di RT 5,” terang dia.

Lanjutnya setiap anak dijadwalkan untuk datang belajar pada setiap hari Senin – Jumat, jam 08.00-10.00 WIB dengan membawa infaq seiklasnya sebesar Rp 500 per anak untuk membantu pengadaan alat bantu jika dibutuhkan.
“Semoga bisa menginspirasi di tempat lain,” pintanya.

Panewu Tempel, Wawan Widiantoro berharap melalui kegiatan berbagi jaringan internet dan pendampingan pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk siswa siswi SD di Padukuhan Sedogan dapat membantu warga untuk mengikuti PJJ.

“Program yang dilakukan memberi solusi terjadinya hambatan yang ada misalnya, keterbatasan jaringan , biaya beli pulsa data, kesulitan orang tua
mendampingi anak dan kejenuhan anak bila belajar sendiri. Selanjutnya kami berharap inovasi dari kapanewon bekerjasama dengan pemuda pemudi serta Dukuh Sedogan ini bisa menjaga kualitas PJJ dan mengisprirasi di tempat lain sehingga pembelajaran di masa pandemi covid ini tetap berlangsung dengan baik,” tuturnya. (*)

BERITA REKOMENDASI