Temu Ilmiah Nasional XVII Persagi, Kompetensi Ahli Gizi Ditingkatkan

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sebanyak 800 Ahli Gizi dari penjuru Indonesia mengikuti Temu Ilmiah Nasional XVII Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi), Kamis (23/6) di The Rich Jogja Hotel, Jalan Magelang Yogya. Kegiatan berlangsung hingga Sabtu (25/6) juga dalam upaya.menghadapi Standarisasi Pelayanan Gizi Bertaraf Nasional dan Internasional,

“Temu Ilmiah bertujuan untuk penguatan kompetensi profesi gizi dalam upaya penanggulangan masalah gizi sesuai standar dan perkembangan ilmu dan teknologi di bidang gizi dan dietetik terkini,” ungkap Ketua Umum DPP Persagu Rudatin SStMK SKM MSi kepada wartawan disela pembukaan Temu Ilmiah yang akan berlangsung hingga Sabtu (25/6).

Kegiatan membawa tema “Update terkini: Ilmu Gizi, Pangan, dan Kesehatan untuk Menunjang Program Nasional di Bidang Gizi, Kesehatan dan Pariwisata Indonesia”. Kegiatan ini juga untuk menyiapkan tenaga gizi sebagai Profesi Pemberi Asuhan (PPA). “Temu Ilmiah Nasional dilaksanakan dalam bentuk plenari dan simposium. Juga ada Pameran Gizi (Nutrition Poster Expo) dan juga Pra Kongres Nasional PERSAGI,” jelasnya.

Sebelumnya Gubernur DIY Sri Sultan HB X berharap Persagi, yang anggotanya tersebar di seluruh Indonesia, berperan aktif dalam melanjutkan proses edukasi, riset dan eksplorasi beragam potensi pangan lokal. ‘Dalam meningkatkan pengetahuan tentang gizi, mulai dari gizi remaja putri hingga pencegahan gizi buruk dan stunting,” ungkap Sultan dalam sambutan Pembukaan Temu Ilmiah yang dibacakan Kepala Dinas Kesehatan DIY drg Pembayun Setyaning Astutie MKes.

Sedangkan Ketua DPD Persagi DIY Joko Susilo SKM MKes menyebutkan stunting atau kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat dari kekurangan gizi kronis menjadi.permasalahan nasional yang harus diantisipasi bersama.

“Dengan Program 8000 hari Pertama Kehidupan (HPK). Asupan gizi harus diperhatikan dan diintervensi secara sistematis berkesinambungan dimulai dari anak saat masih dalam kandungan hingga masa remaja akhir usia 19 (sembilan belas) tahun,” jelasnya. (Vin)

BERITA REKOMENDASI