Terdeteksi X Ray, Petugas Gagalkan Upaya Penyelundupan Burung

SLEMAN (KRjogja.com) – Petugas gabungan dari Angkasa Pura, AU dan Karantina Selasa (8/11/2016) berhasil menggagalkan upaya penyelundupan berbagai jenis burung melalui Bandara Adisutjipto. Petugas mengamankan sebuah trolley bag berisi 34 ekor burung serta seorang pemilik bernama Wong yang merupakan warga negara Hongkong.

Wisnu Haryana Kepala Balai Karantina Kelas II Yogyakarta mengatakan kronologi penangkapan tersebut terjadi lantaran petugas curiga dengan sebuah tas berwarna hitam yang melewati pemeriksaan X Ray pada pukul 06.30 WIB. Petugas lantas melakukan pemeriksaan dan mendapati burung-burung yang telah ditempatkan dalam kotak-kotak kayu dan botol air mineral.

"Kami lakukan pengecekan dan kroscek pada pemilik ternyata tidak dilemgkapi dokumen pendukung. Kita amankan yang bersangkutan ke Balai Karantina untuk dimintai keterangan dan proses lanjutan," terangnya.  

Sedianya, Wong akan membawa burung-burung tersebut menuju Singapura menggunakan pesawat Silk Air. "Keterangan sementara yang bersangkutan akan membawa burung-burung tersebut menuju Hongkong via Singapura, namun kita berhasil amankan karena ada indikasi penyelundupan dibuktikan dengan pengemasan satwa secara rapi," ungkapnya lagi.

Beberapa jenis burung seperti Kakatua Govini, Colibri, Panca Warna, Srindhit, Kacer Jawa, Penthet Albino, Pleci, Rio Rio dan Kutilang Mas berhasil diamankan dari tangan pemilik. Saat ini petugas masih melakukan interogasi terhadap pemilik untuk menggali data lebih lanjut.

"Namun adanya pengemasan yang rapi dengan kotak kayu dan botol air mineral tampaknya memang ada indikasi penyelundupan, apalagi tidak ada dokumen sama sekali. Tapi kami masih proses yang bersangkutan, bila terbukti maka kami proses lebih lanjut," pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI